top of page

3 Baju & 3 Celana, Inspirasi Capsule Wardrobe Musim Panas

Karena konten 333 Challenge aku yang sebelumnya mendapat tanggapan positif, aku termotivasi untuk membuat konten styling 3 atasan, 3 bawahan dan 3 sepatu yang lainnya, yaitu edisi summer outfit inspo. Outfit musim panas kali ini aku buat aman untuk yang berhijab ya, bisa untuk liburan ke pantai ataupun untuk sehari-hari, ketika cuaca lagi panas. Aku paham membuat outfit musim panas yang stylish tapi tetap simple untuk pengguna hijab itu nggak mudah. Itulah mengapa aku buat konten ini.


Strategi dalam memilih isi capsule wardrobe untuk membuat outfit musim panas bisa dengan mengutamakan material yang nyaman seperti linen dan katun, dan memperbanyak baju berwarna terang seperti putih & beige.

Kamu bisa contek inspirasi mix and match atasan, bawahan dan sepatu yang aku pilih di bawah ini sebagai inspirasi capsule wardrobe musim panas yang versatile & stylish!

*This post contains affiliate links, I may earn small commission if you made a purchase through the links. Thankyou for your support!


Aku pakai size M agar cuttingannya nggak oversized dan mudah dilayering dengan outer. Bahannya flannel sejenis rayon, jadi nggak gerah dan menyerap keringat, cocok untuk musim panas.


Coba ganti kaos lengan panjang yang longgar dan berbahan kaos kalian jadi yang ribbed dan lebih fit di badan, untuk look yang lebih modis. Karena warnanya hitam, bisa bikin badan kelihatan lebih langsing juga.


Cardigan yang panjangnya melebihi pinggul, nggak harus rajut ya bisa juga bahan linen/outer bahan lain, yang penting cuttingannya oversize dan modelnya basic alias polos.


Kunci agar 333 challenge berhasil, pasangkan atasan dengan bawahan yang warnanya sama, jadi kombinasi outfit yang dibuat bisa banyak. Karena tadi ada cardigan putih, maka aku include juga rok putih.


Untuk celana instead of black, aku pilih kulot warna coklat yang masih netral. Selain putih, cocok juga cocok banget untuk outfit summer yang masih mudah di mix and match, dan lebih hidup daripada warna putih. Kulotnya bisa cuttingan dan bahan apa aja yang kalian nyaman pakainya.


Dress ini sebenarnya warna light denim, tapi menurutku lebih ke abu-abu. Kalian bisa pakai dress warna abu-abu atau warna netral terang lain yang kalian punya. Yang penting cutting-nya lurus tanpa jahitan di pinggang atau detail lain, agar mudah dilayering dan ditambahkan aksesoris seperti sabuk.






Inspirasi Capsule Wardrobe Untuk Outfit Musim Panas, Bisa Jadi Berapa Outfit Ya?


Outfit 1 - Long Dress + Brown Chunky Sandals


Dress yang lurus tapi fit di pinggang alias A-line dress bisa jadi item yang sangat versatile dan cocok dijadikan anggota capsule wardrobe sehari-hari kalian juga loh, karena tanpa disabukin saja dia nggak bikin badan kita tenggelam dan masih highlight bentuk badan alami kita. Di outfit pertama ini memang outfitnya non hijab friendly, tapi tenang aja selanjutnya hijab friendly semua, kok!


Outfit 2 - Black Longsleeve Top + Long Dress + Black Flatshoes


Untuk membuat dress kaos lengan pendek ini hijab friendly, aku layering dengan kaos rib lengan panjang hitam. Karena ini challenge, jadi aku menggunakan hanya 3 atasan yang aku sudah pilih ya, tapi kalian bisa banget pakai sama inner manset nude/ warna lain!


Outfit 3 - Long Dress + Beige Shirt + White Sandals

Sling bag from Uniqlo | Beach hat


Masih menggunakan dress panjang tapi kali ini layering sama kemeja. Untuk 333 challenge, kemeja memang memegang fungsi penting karena bisa dipakai jadi atasan, luaran juga dalaman, bikin kombinasi outfitnya jadi banyak.


Outfit 4 - Long Dress + White Cardigan + White Sandals


Outfit 5 - Same with outfit 4 but add a belt


Kelebihannya cardigan oversize yang polos adalah kamu bisa variasikan looknya dengan menambahkan sabuk, tanpa mengancingkan cardigannya. Keren ya siluetnya, jadi seperti jam pasir.


Outfit 6 - Beige Shirt + White Long Skirt + Brown Chunky Sandals

Kemeja beige ini sengaja aku pilih karena ukurannya yang longgar tapi nggak oversized, memudahkan untuk memasukkan kemeja ke rok. Kalau kalian hanya punya kemeja oversized, bisa juga kok dipakai dengan rok panjang tanpa dimasukkan. Bisa distyling dengan sling bag sebagai aksesoris dan juga gulung lengan kemeja.


Outfit 7 - Beige Shirt + White Long Skirt + White Cardigan + Black Flatshoes


Jangan meremehkan peran cardigan yang diikat di bahu, friends! 'Tambahan' sederhana ini bisa memberikan dampak positif besar ke outfit kamu loh. Walaupun minusnya, jadi harus betulin posisi cardigannya terus. But it's worth the style!


Outfit 8 - Beige Shirt + Brown Culottes + Brown Chunky Sandals

Kalau cardigan putih pasangannya sama rok putih, kemeja beige aku pasangkan dengan kulot coklat. Memasangkan atasan dan bawahan yang warnanya sama hanya beda gelap terang, bisa buat look kamu lebih modis & enak dilihat mata loh. Strategi ini namanya tonal dressing.


Outfit 9 - Beige Shirt + Brown Culottes + Black Top (on shoulders) + Black Flatshoes

Nggak hanya cardigan saja yang bisa diikat di bahu, atasan lengan panjang apapun bisa kamu jadikan aksesoris di bahu loh. Kemudian sepatunya aku ganti jadi flatshoes hitam agar matching dengan kaos yang aku ikat di bahu. Simple yet chic!


Outfit 10 - Black Longsleeve Top + White Long Skirt + Black Flatshoes

Jangan takut untuk memakai sabuk di atas atasan yang dikeluarin! Kamu bisa matching kan sabuk dengan tas, untuk outfit summer yang simple tapi elegan.


Outfit 11 - Black Top + White Cardigan + White Skirt + Black Flatshoes

When it comes to styling, sky is the limit! Kali ini aku coba styling cardigannya jadi seperti kemeja, yaitu aku kancing bagian bawahnya aja terus aku masukkan ke rok. Bentuk V yang terbentuk bisa buat badan kamu terlihat langsing dan menyamarkan lebar bahu, lho.


Outfit 12 - Black Top + Beige Shirt + White Skirt + White Sandals

Ini bisa jadi cara lain styling kemeja jadi outer nih, yaitu diikat biar jadi kemeja crop. Cocok banget untuk memberikan beach vibe ke outfit kamu tanpa membeli baju baru.


Outfit 13 - Black Longsleeve Top + Brown Culottes + Black Flatshoes

Scarf juga bisa jadi cara meningkatkan estetika outfit polos kamu. Yang berhijab bisa pakai pashmina yang diikat ke belakang agar tidak menutupi scarfnya!


Outfit 14 - Black Top + Beige Shirt + Brown Culottes + Brown Chunky Sandals


Outfit 15 - Black Top + Brown Culottes + White Cardigan + White Sandals


Tujuan dari 333 challenge ini adalah memberikan inspirasi mix and match pakaian basic dengan lebih kreatif lagi. Ternyata kalau mau "maksa", kombinasi outfit yang bisa dibuat dari baju-baju kita di lemari lebih banyak dari yang kita pikirkan loh.

Semoga blog post ini bermanfaat untuk kalian yang mau liburan ke pantai ataupun sekedar ingin mengurangi jumlah baju di lemari agar lebih efisien, see you on my next post!



Comments


bottom of page