top of page

3 Baju, 3 Celana, Inspirasi Capsule Wardrobe Wanita Karir

Buat yang belum tahu, 333 Challenge ini diciptakan oleh Rachspeed, yang intinya adalah memilih 3 baju, 3 bawahan dan 3 sepatu jadi sebanyak mungkin look. Tujuan dari challenge ini adalah mendorong kita lebih kreatif dalam mix and match, dan mengidentifikasi item yang versatile itu kriterianya seperti apa, agar saat belanja bisa lebih tepat sasaran. Aku pernah membuat 333 challenge untuk daily wear dan untuk summer outfit sebelumnya, dan kali ini aku mau buat edisi outfit ngantor yang formal dan terdapat blazer di dalamnya. Yuk langsung aja kita masuk ke list itemnya~


Kemeja dengan warna netral yang nantinya akan dijadikan inner bersama cardigan dan blazer. Bisa sedikit longgar atau fit badan, tapi hindari yang oversized karena akan sulit dilayering.


Cardigan garis dengan cutting regular alias non oversized untuk look yang lebih rapi. Kamu bisa ganti dengan cardigan polos, nggak harus garis-garis yaa. Hintnya adalah cari cardigan yang bisa juga dijadikan sebagai top sendirian agar kombinasi outfit makin banyak.


Blazer berwarna gelap, bisa yang oversized atau fitted. Kamu bisa pilih 1 top di warna yang matching dengan 1 sepatu, agar outfitnya lebih harmonis.


Celana lebar yang bahannya masih terlihat formal. Warna hitam untuk memperbesar kemungkinan kombinasi mix and match. Celana hitam ini aku pilih untuk dipakai dengan cardigan garis-garis.


Celana putih dengan cutting-an slim, sebagai variasi look dari celana sebelumnya. Celana putih ini selain versatile juga membuat outfit kantor kamu terlihat elegan dan stylish.


Rok lurus bahan dengan warna ivory/beige yang mudah masuk ke 3 atasan yang tadi sudah aku pilih.



Berikut kombinasi outfitnya, ada yang bisa tebak nggak aku bisa buat berapa outfit dari 9 item ini?


Outfit 1

 
 

Mulai dari yang paling basic, kemeja beige dimasukkan ke wide leg pants. Kalau kamu insecure sama bagian perut, kamu bisa pilih celana yang ada lipitannya dan longgar di pinggul, atau bisa masukkan bagian depan kemeja saja.

Outfit 2

 
 

Outfit kedua, kamu bisa layering cardigan garis dengan kemeja beige. Kalau ada outernya, wajib nih untuk masukkan kemejanya ke celana. Biar rapi bisa tambahkan sabuk tipis. Aku suka banget pakai tas warna cerah di outfit netral seperti ini, biar looknya nggak redup dan kusam.


Outfit 3

 
 

Outfit 3 luarannya pakai blazer dan sepatunya ankle boots, ini yang aku maksud menyamakan warna top dengan sepatu ya, color palette-nya jadi lebih harmonis dan mengurangi beban overthinking kamu di pagi hari, deh.


Outfit 4

Kalau kamu punya cardigan o-neck, cobain deh pakai cardigannya terbalik depan belakang, kalau memungkinkan dia bisa jadi seperti sweater loh, dan membuat look yang berbeda. Tapi kalau kamu merasa aneh dan nggak nyaman it's okay, bisa pakai seperti biasa dan dikancing semua ya.


Outfit 5

 
 

Kali ini bawahannya beralih ke straight skirt, sebenarnya kalau warna kemejanya lebih netral lagi (di sini ada hint pink) outfitnya akan lebih matching, tapi nggak masalah embrace imperfections! Aku mau menunjukkan alternatif half tuck kemeja, yaitu masukin separuh kemeja ke bawahan buat kamu yang bosan masukkan kemejanya full. Ini bisa menciptakan look yang lebih rileks dan modern.


Outfit 6

 
 

Kombinasi outfit ini mirip dengan outfit 2 tapi bawahannya pakai rok. Menggunakan baju warna terang dikombinasikan dengan tas & sepatu warna gelap juga bisa kamu jadikan patokan saat membuat outfit loh, kontrasnya bikin outfitnya enak dipandang mata.


Outfit 7

 
 

Lanjut ke bawahan slim pants putih, dipadukan dengan kemeja. Karena celana ini nggak ada belt loopnya, aku pakai belt kait. Ngaruh banget loh, penggunaan sabuk terhadap outfit kamu. Apalagi kalau kamu suka outfit simple, sabuk bisa buat outfit yang boring jadi terlihat elegan.


Outfit 8

Kali ini instead of dipakai sebagai outer, aku sampirkan sweaternya di bahu. Bisa diikat atau nggak, jadi perannya sebagai aksesoris yang bisa sewaktu-waktu kamu kenakan ketika cuacanya dingin (atau AC!)


Outfit 9

Ketiga sepatu ini aku sengaja pilih yang memang cocok dengan ketiga jenis bawahan, jadi kombinasi outfit yang dibuat bisa lebih leluasa dan beragam. Kalau mau yang versatile, loafers yang slim haknya dengan siluet yang ramping seperti ini bisa kamu jadikan pilihan, karena bisa cocok dengan hampir semua bawahan!


Outfit 10

Mulai dari outfit 11 ini kemeja beigenya sudah selesai! Kali ini cardigannya aku pakai sebagai atasan dengan wide leg pants. No need to tuck in dan outfitnya sudah bagus!


Outfit 12

Multifungsi banget deh cardigan o-neck ini, bisa jadi outer, top atau inner bersama blazer. Hemat uang dan space di lemari deh jadinya. Kalau mau layering, kamu bisa masukkan bagian depan cardigannya seperti ini biar proporsinya bagus yaa.


Outfit 13

 
 

Sekarang cardigannya aku pair sama rok lurus, lalu aku tambahkan kerah palsu. Ini bisa jadi alternatif kalau bosan sama outfit knitwear kamu, karena adanya kerah palsu outfitnya jadi lebih menarik dan ada dimensinya, di samping jadi lebih rapi tanpa membuat gerah.


Outfit 14


Sama dengan outfit ke-12, tapi bawahannya menggunakan rok lurus. Manis banget ya kombinasi rok lurus dan flatshoesnya, feminine tapi bold gitu. so far sih ini outfit favoritku!


Outfit 15

Ini juga outfit lain tanpa layering, cardigan garis dengan slim pants putih yang aku tambahkan turtleneck palsu untuk membuatnya seolah-olah 'kompleks'. Lalu aku samakan warna turtlenecknya dengan loafers, untuk membuat outfit monochrome yang simple.


Outfit 16

Di kombinasi outfit yang terakhir, aku mengambil risiko dengan memasangkan slim pants dengan ankle boots. Sebenarnya kombinasi celana yang panjangnya crop dengan boots berisiko menimbulkan gap antara sepatu dan celananya. Tapi untungnya di outfit ini nggak ada gap dan ternyata lumayan bagus!


Jadi total outfit yang bisa aku buat adalah 16 outfit! Walaupun nggak terlalu banyak tapi aku cukup puas dengan pemilihan item dan mix and matchnya, sangat bisa diterapkan sehari-hari.

Semoga membantu kalian memaksimalkan baju yang kalian udah punya, happy mix and match!


Thankyou for reading this blog post, please note that this post contains affiliate links, I may earn small commission if you made a purchase through the links. Thankyou for your support!

Comments


bottom of page