top of page

3 Baju & 3 Celana, Inspirasi Capsule Wardrobe Untuk Pemula.

Memulai untuk membangun lemari kapsul bisa jadi membingungkan, apalagi karena banyak banget konten seliweran di internet, kasih tau apa-apa aja yang wajib dimiliki di lemari kapsul. Listnya panjang, dan banyak baju-baju yang mungkin kamu nggak suka.

Daripada langsung mau belanja banyak baju sekaligus, coba deh start small. Aku ada contekan metode mudah memulai lemari kapsul untuk pemula, yaitu 333 Challenge.


Challenge ini tuh terinspirasi dari @rachspeed dari instagram, dimana dia pilih 3 atasan, 3 celana dan 3 sepatu terus dia buat sebanyak mungkin outfit hanya dari 9 item itu. Aku nonton konten dimana dia bisa buat sampai 30 an outfit! Nah, aku berpikir ini bisa jadi cara mudah bangun lemari kapsul. Dengan menyusun list item yang sederhana dan mudah diingat yaitu 3-3-3, aku yakin bisa lebih mudah dipraktekkan dan dipahami oleh pemula yang baru mau belajar bangun lemari yang versatile!


Inspirasi Lemari Kapsul untuk Pemula


Berikut beberapa tips yang mempermudah saat memilih 3 atasan, 3 bawahan dan 3 sepatu untuk mini capsule wardrobe.

  • Pilih 2 warna netral dan 1 warna non netral untuk atasan dan bawahan. Misal aku pilih atasan warna hitam-beige-biru dan bawahan warna hitam-beige-biru juga. Dengan begini, setiap atasan bisa dipakai dengan setiap bawahan. Outfitnya jadi banyak deh! (Hello, math)

  • Untuk sepatu, pilih yang mewakili setiap 'vibe'. Contohnya flatshoes itu nyaman tapi rapi, heels itu formal, dan sneakers itu casual. Jadi kamu tinggal ganti sepatu untuk bisa merubah vibe keseluruhan outfit.

  • Be creative! eksplor kemungkinan-kemungkinan layering dari masing-masing item, untuk bisa variasiin looknya. Bisa juga gunakan aksesoris seperti kaos kaki, kalung, sabuk.

Dan ini 9 Item yang akan aku styling beserta linknya!

  1. Black Longsleeve Top (i wear size L)

  2. Beige O-Neck Cardigan (i wear biscuit color size L)

  3. Blue Cotton Shirt (i wear size M)

  4. Beige Wide Leg Pants (i wear size M)

  5. Black Flare Skirt (i wear normal size)

  6. Straight Jeans (i wear snow blue size M)

  7. White Sneakers (Adidas Samba)

  8. Nude Flatshoes

  9. Black Heels


Kira-kira bisa jadi berapa outfit yaa?

Outfit 1. Black Top + Beige Pants + Black Heels

 

Bag from Buttonscarves and unavailable anymore (here is similar bag style) | Necklace | Earrings

 

Urutan aku stylingnya tuh satu bawahan yang sama, aku ganti atasannya aja sampai semuanya terpakai. Baru ganti bawahan lain. Ini mulai dari wide leg pants dulu, outfit satu ini yang simple aja, tapi walaupun simple jangan lupa aksesoris! Aku sengaja pakai tas dengan chain strap karena topnya super basic & polos, jadi bisa complement the look nicely.


Outfit 2. Black Top + Beige Cardigan + Beige Pants + Black Heels

 

Belt link | Bag is JW Pei, I bought it here and I think it's authentic.

 

Tinggal pakai cardigan beige udah bisa buat outfit yang berbeda. Untuk balance-in hitamnya aku tetap pakai heels hitam, kemudian aku matching-in warna belt dengan tas untuk point of interest. Aku kira bakal bulky dan susah dilayering nih atasan hitamnya, tapi ternyata oke banget nggak kelihatan numpuk. Ada keuntungannya juga ternyata baju berbahan tipis.


Outfit 3. Blue Shirt + Beige Pants + Nude Flats

 

Wearing the same belt & bag as previous outfit.

 

Kali ini kemeja biru saja jadi atasan, terus dimasukin ke celana. Yang nggak suka masukin baju karena nggak pede, kemeja ini juga bagus dikeluarin kok. Hanya konsekuensinya bikin proporsinya terlihat flat. Kalian bisa akalin dengan pakai sabuk kait warna brown di atas kemejanya.


Outfit 4. Blue Shirt + Beige Cardigan + Beige Pants + White Sneakers

Bag from Bien already sold, here is similar bag style


Cara favorit aku buat bikin outfit yang beda tanpa layering tuh iket outernya di pundak. Hacknya kalian harus kancing dulu cardigannya jadi nggak berantakan pas disampirin. Bisa biarin aja lengannya terurai, atau ikat sekali. It takes practice, tapi kalau udah biasa gampang kok. Cara ini bisa buat look pakai kemeja jadi lebih santai, tapi tetap stylish & elegan. Kali ini pakai sneakers untuk look yang lebih casual, terus tasnya pilih warna putih untuk matching-in sepatunya.


Outfit 5. Beige Cardigan + Beige Pants + Black Heels


Aku pilih cardigan yang o-neck, bukan yang v-neck karena ke-versatile-an-nya! Selain dijadikan outer dia bisa dipakai sendirian jadi top, jadinya bisa lebih dimanfaatkan deh. Ini bisa jadi outfit 'mager' kalian, rahasianya di sini aku pakai heels biar kelihatannya effort dandan padahal mager, hehhee.


Outfit 6. Beige Cardigan + Black Skirt + Nude Flats


Kali ini outfitnya ganti pakai rok flare hitam, karena kombinasi pakai celana beige-nya udah habisss. Kayaknya sih masih bisa dieksplor, tapi untuk aku 5 outfit tadi udah cukup mewakili. Untuk outfit 6 ini aku tetap pakai beige cardigan aja jadi top dikeluarin, sama rok hitam. Karena panjang cardigan ini nggak terlalu panjang, jadi masih oke banget dipakai dikeluarin. Tapi dimasukin juga bagus yaa.


Outfit 7. Black Top + Black Skirt + Nude Flats


Outfit 7 ini black topnya dimasukin ke rok hitam terus ikat-annya aku pindah ke samping. Jadi kayak dress yaa padahal bukan dress. Simple yet elegant! Aku nggak pakai heels karena aku kurang suka outfit full black dari atas sampai bawah, lebih prefer ada kontras warna di bagian footwear, terus balance-in deh sama tasnya.


Outfit 8. Black Top + Beige Cardigan + Black Skirt + Nude Flats


Di outfit 8, instead of pakai cardigannya jadi outer seperti biasa, aku pakai jadi sweater tapi aku buka 2 kancing bagian atas. Menciptakan bentuk V yang bikin looknya berbeda, terus aku masukin semuanya ke rok. Karena roknya lilit jadi nggak khawatir susah masukinnya deh.


Outfit 9. Black Top + Blue Shirt + Black Skirt + White Sneakers

Cara layering yang sebelumnya aku praktekkin lagi di outfit ini, tapi menggunakan atasan hitam dan kemeja biru! Look kemejanya bisa jadi lebih casual, jadi aku pair sama sneakers dan sling bag. Bisa jadi outfit traveling ke Jepang gitu ya vibenya.


Outfit 10. Blue Shirt + Black Top + Black Skirt + Nude Flats

Yang bisa dijadiin bolero (ikat di pundak) itu nggak cuma sweater atau cardigan aja loh, apapun yang lengannya panjang tuh bisa kalian jadiin aksesoris di pundak! Kali ini atasan hitamnya yang aku pakai di pundak, terus tambahin warna nude, biar nggak terlalu gelap looknya.


Outfit 11. Blue Shirt + Beige Cardigan + Jeans + Nude Flats


Karena kombinasi outfit pakai rok hitam udah habis, sekarang berganti ke jeans! Aku penasaran, yang pakai jeans ini bisa jadi lebih dari 5 outfit nggak yaa.

Pertama biar gampang karena aku udah pakai kemeja biru, aku layering dengan cardigan. Bagus ya kombinasi warna biru dan beige, kalem dan elegan. Aku sengaja biarin lengan kemejanya keluar dan aku lipat di atas cardigannya, somehow it makes the outfit look more interesting.


Outfit 12. Blue Shirt + Beige Cardigan + Jeans + White Sneakers


Menggunakan beige cardigan yang diikat di pundak lagi, tapi kali ini aku tambahin sabuk dengan buckle bulat yang aku baru aja beli! Warnanya cantik dan yang paling penting match dengan tasnya.

Outfit 13. Blue Shirt + Jeans + Nude Flats


Pas aku coba lepas cardigannya aku jadi pengen jadiin dia outfit sendirian, karena bagus banget. Kayak american cowboy gitu vibenya, hahaha. Biar menarik dan nggak gampang ditebak instead of sneakers aku pakai flatshoes.


Outfit 14. Black Top + Jeans + Black Heels


Ini hampir mirip dengan outfit 1, tapi menggunakan jeans dan aku tambahin sabuk. Pro tip, ketika outfitnya polos, coba deh pakai sabuk dengan ornamen buckle yang lebih kompleks. Jadi bisa berperan sebagai point of interest dari outfitnya.


Outfit 15. Black Top + Beige Cardigan + Jeans + Nude Flats


Dari black top polos, tumpukin cardigan beige dan ganti sepatu jadi nude flatshoes. Tara, different outfit! Actually aku baru sadar harusnya tasnya hitam, untuk balance-in warna hitam dari innernya.


Outfit 16. Black Top + Blue Shirt + Jeans + Black Heels


Ini kayak outfit formula terfavorit dan signature aku sih, kemeja dengan kancing atas dibuka, pakai inner terus pakai jeans & heels. i think it's sexy, attractive and chic! Btw wah ternyata bisa lebih dari 5 outfit nih yang pakai jeans. Aku kira padahal yang jeans bakal lebih susah bikin outfitnya karena nabrak sama warna kemejanya, but they look so great worn together!


Outfit 17. Beige Cardigan + Jeans + White Sneakers


Ini outfit ke-17 dan yang terakhir, aku pakai beige cardigan sendirian sebagai top bersama sneakers. Dimulai dari yang simple, diakhiri dengan yang simple. Aku sengaja biarin kancing paling bawah terbuka biar kasih efek rileks dan 'i don't care' vibe! Walaupun gitu tasnya tetap harus dressy dong, biar looknya k-e-r-e-n. See? Styling is about contrasting and do unexpected things.


AND THAT'S A WRAP!

Kalau kalian baca sampai sini, I LOVE YOU. Makasih banget udah mau baca sampai selesai, aku harap post ini membantu kalian dalam membangun lemari yang versatile dan timeless. Semua item yang aku pakai dari Hulm Official, the tiktok video is sponsored but this post is from my heart.


Please don't hesitate to ask me any questions to my Instagram DM, I would love to connect with you.

Stay fashionable,

Fiona Nathaniel.

Comments


bottom of page