top of page

6 Must Have Work Capsule Wardrobe Items

Salah satu penyebab kita seringkali nggak tau mau pakai baju apa pas buka lemari adalah kurangnya item yang versatile, yang bisa dimix and match dengan gampang. Makanya penting banget untuk memastikan sebelum beli baju kalau baju tersebut bisa membaur dengan harmonis dengan baju-baju yang kamu udah punya.

Apalagi kalau kamu termasuk pekerja kantoran yang setiap hari ngantor, butuh banget lemari yang fungsional dan versatile. Biar nggak buang-buang energi tiap pagi buat pusing pilih outfit! Dengan kata lain kamu butuh capsule wardrobe, yaitu gabungan baju-baju yang udah dipilih dengan selektif jadi dengan sedikit baju, bisa bikin banyak outfit.

Masih bingung? nih aku kasih contekan yang gampang banget!

Entah kamu lagi proses bangun capsule wardrobe atau bener-bener bingung mulai dari mana, ini inspirasi mini capsule wardrobe berisi 6 items versatile yang bisa distyling jadi 12 outfit kantor! 6 items tersebut adalah (klik linknya untuk belanja):

Dengan 2 top, 2 outer dan 2 celana, banyak banget look yang bisa dibikin loh. Yuk contek ke-12 look yang aku buat...

OUTFIT 1. WHITE SHIRT + BLACK PANTS

Mulai dari yang paling basic & gampang yah, 1 layer aja, yaitu kemeja putih dan celana hitam. Paling bagus sih kemejanya dimasukin ke celana terus disabukin, auto langsing & tinggi deh dijamin. Honest review ya ini kemejanya bagus banget, walaupun bahannya katun tapi pas dimasukin tuh ngga lecek ngga kaku, jatuhnya rapih & stylish. Bisa lihat di foto sendiri yaa. Size kemejanya juga pas ngga kegedean juga ngga sempit. Detail kancing di lengannya bikin looknya unik tapi ngga merusak ke-timeless-an kemeja ini. Celana hitamnya juga bener-bener sweet spot antara formal & fashionable. Nggak terlalu celana kantor yang kayak anak magang gituloh, dipakai buat ootd-an non kantor tuh masih kece.

Cara pakai kemeja dan celana yang paling gampang yaa look 1 ini. Biar nggak polos banget wajib pakai sabuk. Untuk sepatu, yang udah pasti ga bakal salah & gagal tuh heels hitam (bisa juga heels nude) yang ujungnya lancip. Ohya, style heels yang sling back (ngga nutup full belakangnya) aku lebih suka karena less office-y, lebih modern & kekinian daripada pump heels yang ketutup semuanya.


OUTFIT 2. WHITE SHIRT + BROWN CARDIGAN + BLACK PANTS

Shoes Adidas Samba OG white | Bag

Nah baru level selanjutnya tambahin outer. Look ke-2 ini outernya cardigan coklat, yang masih nyambung dipakai sama kemeja putih & celana hitam. Biar harmonis, sepatunya aku pakai warna putih yaitu sneakers buat tunjukin kalian celana style ini bagus juga dipakai sama sneakers. Tasnya selain warna hitam, matching-in sama warna cardigannya juga bagus. Ini emang agak gerah sih minusnya, tapi kalau kantor kalian AC-nya dingin cocok nih.


OUTFIT 3. WHITE SHIRT + BLACK BLAZER + BLACK PANTS

Kalau look ke-2 tadi pakai cardigan, sekarang kemeja putihnya layering sama blazer, terus pakai tas yang matching sama sabuk. Dengan tambahin tas warna terang, outfit kantor kalian bisa kelihatan jauh lebih hidup loh. Karena ini tas paling colorful yang aku punya jadi anggap aja ini colorful yaa. Untuk sepatunya aku ganti loafers nude. Ini kan warna dominan outfitnya hitam, jadi aku pakai sepatu netral warna terang untuk balance-in elemen putih dari kemejanya.

OUTFIT 4. WHITE SHIRT + GREY PANTS

Ini formulanya sama dengan look 1, tapi pakai celana abu-abu dan kemejanya aku keluarin, buat alternatif kalau kamu nggak suka masukin kemeja ke celana. Untuk ngebentuk pinggang biar siluetnya ngga kedodoran, aku sabukin pakai sabuk kait yang tipis. Di sini aku buka kancing lengan kemejanya untuk variasi look, and the look become much more chic! Such a versatile shirt. Jadi kayak jubah gitu kemeja-nya, kelihatan mahal dan mewah.


OUTFIT 5. STRIPED SHIRT + GREY PANTS

Kalau tadi kemeja putih sama celana hitam, sekarang kemeja garis-garis dan celana abu-abu. Kalau kamu punya kemeja garis-garis warna biru, coba deh pair sama celana abu, clean & chic banget looknya. Untuk look ke-5 ini aku masukin biasa ke celana seperti biasa, terus pakai heels putih.


OUTFIT 6. WHITE TURTLENECK + STRIPED SHIRT + GREY PANTS

Inner from Uniqlo | Belt | Bag same with look 5 | Shoes Adidas Samba og White

Masih dengan top & bottom yang sama, tapi aku tambahin dalaman turtleneck putih. Kamu juga bisa pakai manset putih atau tanktop putih biasa yaa. Looknya udah beda lagi hanya dengan tambahin 1 layer baju, tambahin sabuk, dan ganti heelsnya ke sneakers. Outfit ini juga cocok di saat cuaca lagi dingin gini. Outfit formula ini bisa banget kamu pakai untuk bikin banyak outfit, jadi tinggal ganti warna kemeja/inner/celananya, yang penting formulanya turtleneck+kemeja+celana.


OUTFIT 7. WHITE TURTLENECK + BROWN CARDIGAN + GREY PANTS

Balik lagi ke brown cardigan, tapi kali ini jadi outer sama turtleneck putih dan (masih) celana abu-abu. Biarin kebuka semua kancingnya, terus aku pakai loafers dan tas yang warnanya senada, yaitu beige. Suka banget sama kombinasi warna putih, coklat dan abu, kalem dan cantik banget. Selain dalaman turtleneck, outfit ini juga bisa pakai dalaman tanktop leher rendah (buat yang non hijab) atau kaos polos yaa.


OUTFIT 8. BLACK TURTLENECK + BLACK BLAZER + GREY PANTS

Masih dengan dalaman turtleneck (tapi warna hitam), tapi kali ini dilayering sama blazer hitam. Blazer ini bagus banget cuttingannya, pas dikancing ngga sesak tapi bikin badan kelihatan langsing. Plus look kamu jadi dua kali lipat lebih formal, hanya dengan kancingin blazer. Untuk turtlenecknya bisa juga warna abu biar matching sama celananya. Sepatunya nggak harus heels, kamu juga bisa pakai flatshoes atau loafers hitam. Outfit ala girl boss banget ya!


OUTFIT 9. BROWN CARDIGAN + BLACK BLAZER + BLACK PANTS

Kalian tahu nggak kalau o-neck cardigan juga bisa dikancing semua jadi top, jadi kayak blouse gitu? Tapi nggak semua cardigan bisa, tergantung bahannya. Kalau knit tipis masih bisa, tapi kalau tebal banget nggak bisa dilayering lagi, kayak outfit ini. Cardigan ini bahannya kayak blazer tapi lebih tipis dan lentur, jadi bisa dijadiin dalaman di bawah blazer. Multifungsi banget kan.


OUTFIT 10. BLACK TEE + BROWN CARDIGAN + BLACK PANTS

Kali ini cardigannya balik lagi jadi outer, sama kaos hitam polos dan celana hitam. Tapi aku styling dengan kancing atasnya aja, untuk variasi look yang berbeda. Untuk sepatunya aku pilih yang lebih casual, yaitu ballerina flats, dan tas sling bag.


OUTFIT 11. WHITE SHIRT + BROWN CARDIGAN + GREY PANTS

Dari ke-6 items ini kayaknya yang paling banyak dipakai tuh brown cardigan ya. Outfit ini masih pakai brown cardigan, tapi dijadiin aksesoris aja disampirin di bahu, sama kemeja putih dan celana abu. Jadi mirip dengan look 1, tapi dengan tambahan brown cardigan yang diikat di bahu, terus sabuknya ganti jadi warna yang senada sama cardigannya. Bisa nih dipraktekkin sama kemeja dan cardigan yang kamu udah punya.


OUTFIT 12. STRIPED SHIRT + BLACK BLAZER + BLACK PANTS

Belt | Shoes | Bag from Buttonscarves (similar link)

Untuk look terakhir aku mau pasangin kemeja garis-garisnya sama celana hitam, dan tambahin outer blazer hitam. Dengan pakai dalaman kemeja motif sama blazer & celana yang warnanya sama, bisa bikin outfit blazer kalian lebih bervariatif dan nggak bosenin loh. Tinggal ganti-ganti warna kemeja, sepatu dan tasnya buat look yang berbeda-beda tiap harinya deh.


Baru dari 6 items aja variasi looknya udah banyak banget, hemat uang dan hemat tempat di lemari deh. Ini baru 6 items aja, gimana kalau tambah celana warna lain yang kalian juga udah pasti punya banyak? That's the power of versatile items & capsule wardrobe!


Semoga menginspirasi dan membantu yaa. Kalau kalian ada pertanyaan seputar fashion & styling jangan sungkan buat hubungi aku di DM Instagram, i'd really happy to help.

Happy recreate, stay fashionable.

Xo,

Fiona Nathaniel.



313 views

Comments


bottom of page