top of page

A Style Guide: Long Torso Short Legs

Sebelum kita bahas gimana sih outfit yang bagus kalau punya torso panjang kaki pendek, pastiin kamu udah yakin kalau kamu udah menggolongkan tipe badan kamu dengan benar. Yang belum yakin, bisa cek video How To Measure Your Body Proportion yaa!



Tipe proporsi tubuh long torso short legs berarti bagian torso atau tubuh bagian atas kamu lebih panjang daripada tubuh bagian bawah alias kaki. Batasnya itu di pinggul, coba kalian raba pinggul kalian dan cari tulang yang menonjol. Di situlah perbatasan tubuh bagian atas dan bawah.

Biasanya, long torso short legs bakal punya tubuh bagian atas yang lebih slim otomatis, karena lebih panjang. Kecenderungannya juga bagian kaki bakal lebih lebar, makanya kebanyakan bentuknya jadi pear body, walaupun nggak selalu.


That's why tujuan styling untuk tipe long torso short legs adalah memilih outfit yang bisa kasih ilusi kaki lebih panjang, jadi proporsi bisa lebih balance.

Sebenernya banyak banget yang bisa dilakuin dan nggak bisa aku rumusin dalam 1 blog post/tiktok video, tapi ini beberapa tips yang aku rasa basic dan gampang dipraktekkin secara riil.

Disclaimer: This post contains affiliate links, I will earn small amount of commissions if you make a purchase through the links, but that doesn't affect the price you pay for the products.


1. CHOOSE THE RIGHT HIGHWAIST PANTS

T-shirt is from Uniqlo | Left Pants | Shoes

Right pants are from H&M, here are some similar pants I highly recommend...

Kalian pasti udah sering denger kalau long torso short legs itu bagusnya pakai celana highwaist. Tapi pastiin kalian pilih celana highwaist yang bener-bener bisa bikin kaki kalian terlihat lebih jenjang. Celana yang panjangnya crop alias ngatung, apalagi modelnya pensil, bisa bikin kaki kalian terlihat pendek. jadi walaupun highwaist, looknya masih kurang oke dibanding kalau kalian pakai celana highwaist yang cuttingannya wide (tapi ngga se-wide kulot) terus panjangnya melebihi mata kaki. That's why penting banget buat perhatiin measurement alias size chart celana sebelum beli (kalau belinya online). Kamu bisa ukur tuh jarak dari pinggang ke kaki, jangan sampai celana yang kamu beli ngatung. Kalau kepanjangan masih bisa dipotong. Bahan celana juga penting loh, yang bahannya flowy dan jatoh itu bisa bikin kaki kelihatan jenjang dan slim daripada yang bahannya kaku dan tebal (misalnya scuba dan katun).


2. CHOOSE THE RIGHT TOP LENGTH


Kebalikan short torso long legs yang malah bagus kalau pakai baju yang agak panjang melebihi perut, long torso short legs butuh atasan yang crop, atau atasan yang bisa dengan gampang dimasukin ke celana. Atasan di foto kiri tuh bahannya tebal jadi nggak bisa dimasukin ke celana. Dan karena ada karet yang mengecil gitu di bawah, dimasukin bagian depannya aja alias front tuck juga nggak bisa. Nah kebanyakan sweater di online shop yang aku lihat modelnya kayak gitu. Nggak jelek sih, cuma konsekuensinya bikin proporsi kita nggak balance karena kakinya jadi kelihatan pendek banget.

Makanya sebagai long torso short legs aku suka banget knit top yang lebih tipis dan agak fit di badan kayak turtleneck top ini. Gampang banget buat di tuck in dan bisa jadi inner juga untuk berbagai macam outer, jadi kombinasi outfitnya lebih banyak. Makin bagus lagi kalau pakai sama bawahan yang warnanya senada alias tonal dressing, terus tambahin belt warna kontras untuk makin nge-highlight pinggang. Voila, kaki auto jenjang.


"Kak tapi aku nggak pede masukin baju ke celana, perutku buncit."

Coba dulu deh, aku yakin pasti ada jalan. Cari celana yang bahannya tebal jadi nggak nyeplak di perut, terus bisa juga dengan pakai inner tanktop yang ketat gitu, masukin ke celana, terus tambahin outer yang agak panjang dan loose buat nutupin perut dan pinggul. Dengan begini, bisa tetap nonjolin celana highwaist, tapi perut nggak terlalu terekspos karena ada outer. Plus lagi, layering always makes our look extra stylish.


3. WEAR CROP TOP WITH FLARE SKIRT

Top is unavailable anymore | Skirt | Heels

Ini beberapa alternative crop top yang mirip:

Untuk rok sebenernya semuanya tuh cocok-cocok aja untuk long torso short legs, karena kebanyakan rok udah highwaist. Tapi rekomendasi dari aku adalah model rok yang fit di pinggang. Bisa rok flare kayak foto di atas, atau rok span dan mermaid. Nah untuk atasannya, kalau bisa dimasukin ke rok bakal bagus tapi aku paham masukin atasan ke rok tuh susah rapinya dan nggak nyaman apalagi roknya ketat di pinggang. Bisa diakalin dengan pakai top yang semi crop, contohnya yang di foto atas itu dia jatohnya sedikit lebih panjang dari batas pinggang rok. Kaki tetap terlihat jenjang dan proporsi tetap oke deh jadinya, walaupun baju nggak dimasukin. Jadi, perhatiin banget panjang baju yang kalian beli yaa. Bisa dimasukin nggak bajunya? Kalau nggak bisa, mending cari yang nggak terlalu panjang (<55 cm).

4. CHOOSES DRESSES WITH WAIST TIE

Ketika cari dress yang harus kamu perhatiin adalah apakah dress itu ada sabuk di pinggangnya? apakah dress itu 'highwaist' alias ngebentuk pinggang? kalau nggak ada alias lurus, apakah possible buat disabukin? Kalau jawabannya nggak, mungkin kamu harus pertimbangin buat cari dress lain. Contohnya dress di foto kiri ini dia bentuknya A-line, jadi bener-bener nyamarin pinggang dan karena bahannya tebel juga nggak bisa aku sabukin. Alhasil kaki rawan terlihat pendek, ini di foto ketolong aku pakai heels.

Nah sedangkan dress di foto kanan, modelnya wrap V-neck plus ada tali sabuknya. Kaki jadi kelihatan panjang dan lebih proporsional. Walaupun sebenernya dress di kiri lucu yaaa. Tapi tricky banget sstylingnya!


Semoga tips ini berguna yaa. Kalian bisa cek kategori blog post "body type" untuk tips styling bentuk badan lainnya. Jangan sungkan buat DM aku di Instagram kalau kalian ada pertanyaan seputar fashion & styling!

Thankyou for reading and see you on my next post!

xo,

Fiona Nathaniel




1,360 views

Comments


bottom of page