top of page

Atasan Rajut Vs Sweater, Apa Bedanya?

Pada saat mulai belajar styling, aku kira semua atasan yang bahannya rajut itu namanya sweater. Sekarang aku bisa bilang banyak banget model atasan bahan rajut, dan nggak semuanya berfungsi sebagai sweater. Emang apa sih bedanya atasan non-sweater dengan sweater?


Longsleeve Ribbed Top

Secara umum aku bisa bagi dua jenis atasan rajut jadi dua, yaitu longsleeve ribbed top & sweater. Ribbed top itu adalah atasan rajut yang ketat di badan. Bentuk necklinenya bisa turtleneck, O-neck, atau square neck. Selama dia berbahan rajut dan cuttingnya fitted, bisa dibilang ribbed top. Fungsinya adalah bisa dijadikan atasan dan sebagai dalaman dengan berbagai macam style outer. Berikut rekomendasi longsleeve ribbed top dengan neckline yang berbeda-beda:

Dari ketiga neckline di atas, yang paling versatile alias multifungsi menurut aku adalah yang turtleneck, dan aku bakal tunjukin kenapa melalui 3 outfit di bawah! Ini inspirasi outfit menggunakan longsleeve ribbed top sebagai inner top.

With A Vest

 
 

Kelebihannya ribbed longsleeve top ini kece banget dilayering sama outer tanpa lengan, seperti tailored vest ataupun vest rajut. Bahkan dipakai sama kaos oversized juga bagus loh, kalau kalian berhijab. Jadi bisa pondasi outfit yang beragam banget.


With A Spaghetti Tank Dress

 

Dress is thrifted, here is similar dress | Boots | Bag from Asthe | Belt

 

Cara kedua yang aku juga suka banget, adalah layering sama dress lurus longgar dengan tali spaghetti dan neckline V. Sebenarnya bisa juga pakai dress yang strapnya besar dan neckline O, tapi aku merasa dress yang ini yang paling pas dan flattering! Emang susah banget cari yang se-basic ini di online store, kebanyakan jualnya yang ada jahitan atau karet di pinggang, tapi jadinya kurang bagus looknya karena jadi sesak dan terlipat turtlenecknya. Lucu banget, vibes-vibes country girl gitu, cocok dipakai nonton konser sampai hangout casual!


With Any Outer, Literally

 

Shirt from Ecinos | Jeans from H&M, here is similar jeans style | Sneakers Adidas Samba | Bag from Kami

 

Kelebihannya atasan ribbed, kamu bisa pakai untuk mempercantik outfit kemeja kamu, Kemejanya bisa dibiarin terbuka aja jadi outer, atau kalau mau lebih formal kamu bisa kancing (biarkan 3 kancing atas terbuka lalu masukkan ke celana untuk look yang rapi tapi stylish. Selain kemeja, kamu bisa pakai outer lain di atas atasan ribbed, seperti cardigan oversize, jaket denim, dan blazer. Karena cuttingnya basic & simple, bikin atasan ini gampang dipadu-padankan sama berbagai outer.


Sweater


Awalnya aku skeptis harga semurah ini bisa dapat atasan sweater bagus. Tapi nggak mengecewakan loh, kenapa aku beli ini? Bukan hanya karena murah tapi panjangnya pas, nggak terlalu panjang dan bentuknya nggak mengerucut mengecil di bawah, jadi gampang dimasukin ke bawahan. Emang sih bagian bawahnya kurang bagus karena kayak nggak dijahit, tapi nggak jadi masalah buat aku karena pasti aku masukin ke celana/rok.


Intinya sweater ini cuttingannya agak loose, bisa longgar sedikit sampai super oversized. Neckline-nya bisa O-neck, V-neck, atau turtleneck. In my opinion, yang O-neck kayak gini yang paling versatile. Bisa dijadikan atasan aja atau layering sama berbagai inner. Patternnya juga bermacam-macam, ada yang cable kayak sweater yang aku punya, ada yang rajut polos.

Untuk neckline yang paling versatile dan bisa dilayering sama berbagai macam inner menurutku yang O-neck, seperti yang aku pakai di post ini.

Tips aku, sebelum beli sweater coba planning dulu mau distyling seperti apa? Kalau nggak suka layering, sweater yang bahannya agak tebal dengan neckline turtleneck bakal chic banget. Kalau mau cari yang bisa dilayering jadi banyak look, sweater yang nggak terlalu tebal dengan neckline O dan panjang maximum 55 cm adalah pilihan tepat.


Ini inspirasi outfit menggunakan O-neck sweater sebagai outer.

With A Turtleneck

 
 

Ini cara terfavorit dan tergampang untuk layering sweater sih menurutku. Tinggal pakai turtleneck leher tinggi yang tanpa lengan di bawah sweater, looknya langsung beda banget! Jadi nggak membosankan lagi deh sweaternya. Aku contohin pakai skort karena menurut aku lucu, bisa jadi outfit buat liburan ke luar negeri gitu. Kalau kamu berhijab tinggal ganti skortnya jadi rok lurus hitam juga bagus!


With A Shirt

 
 

Ini bisa jadi outfit kuliah yang gampang banget ditiru yaa, kalian tinggal gonta-ganti warna sweater dan celananya aja. Biar nggak gerah aku pakai dalaman kemeja yang tanpa lengan, kalian juga bisa pakai kerah palsu kalau masih gerah. Sepatunya kalau pakai wide leg pants, selain sneakers juga bagus pakai loafers atau flatshoes.


With A Dress

 
 

Ini my go-to outfit kalau lagi liburan/traveling deh, pakai dress basic polos terus outer sweater/cardigan. Kalau pakai sweater, biar bikin kelihatan langsing kamu bisa pakai belt kait dan sangkutin bagian bawah sweaternya untuk ubah dia jadi sweater crop. Jadi nggak perlu beli sweater crop baru deh. Money saved! Outfit ini juga bagus banget dipakai sama sepatu boots / sneakers yaa.


141 views

댓글


bottom of page