top of page

Cara Mengukur Proporsi Badan

Kalau tips styling berdasarkan bentuk badan Apple, Rectangle, Pear & Hourglass mungkin udah sering dengar dan lihat. Tapi berdasarkan proporsi secara vertikal kayaknya masih jarang.

Pas aku buat polling di ig story tentang tipe proporsi badan, banyak yang jawab gaktau cara ukurnya, dan masih nggak tau apakah badan mereka termasuk tipe balanced, long torso short legs, atau short torso long legs.

Padahal menurutku banyak banget gunanya tau ukuran badan kita secara vertikal, bukan cuma lebarnya ke samping. Kita jadi paham panjang atasan atau ketinggian bawahan (pants rise) yang ideal buat badan kita, sesuatu yang menurutku kurang jadi perhatian saat belanja baju.

Ohya, post ini ada versi videonya, bisa nonton video cara mengukur proporsi badan di Tiktokku yaa.


1. TAKE A FULL BODY PHOTO WEARING TIGHT CLOTHES

Sebelum ukur, bakal berguna banget buat punya foto 1 badan yang bener-bener lurus (nggak bengkok ke atas dan ke samping karena fotonya bisa distorsi) buat mempelajari sebenernya gimana proporsi dan bentuk badan kita. Percaya deh, bakal berguna banget di masa depan foto ini. Pastiin kamu pakai baju ketat bisa nude atau hitam, terus posisiin HP jarak 2-3 meter dari kamu, ketinggian se-dada.


2. MEASURE 8 PARTS OF YOUR BODY

Langkah ke-2, bagi badan kamu jadi 8 bagian dan ukur masing-masing bagiannya, berapa centimeter? Yang paling penting buat dijadiin patokan itu panjang kepala. Misal, panjang kepalaku tuh 22 cm. Idealnya, 7 bagian lainnya tuh nggak jauh-jauh dari 22 cm. Tapi kalau ada bagian yang lebih pendek atau lebih panjang, berarti itu adalah ciri khas badan kalian yang kalian harus tau. Ke-8 bagian tubuh yang perlu diukur adalah:

  1. Ujung kepala - ujung dagu

  2. Ujung dagu - puncak dada

  3. Puncak dada - pinggang terkecil

  4. Pinggang terkecil - pinggul terlebar (titik lengkung kaki)

  5. Pinggul terlebar - paha atas

  6. Paha atas - lutut

  7. Lutut - betis

  8. Betis - tumit

Kalau panjang total 1-4 lebih panjang daripada 5-8, berarti termasuk tipe long torso short legs. Kalau panjang total 1-4 lebih pendek daripada 5-8, berarti termasuk tipe long torso short legs. Dan kalau nggak jauh beda (selisih 1-2 cm) berarti balanced!


3. COMPARE & ANALYZE THE RESULT

Sebagai contoh buat jelasin gimana maksud dari perbandingan & analisisnya, ini hasil pengukuranku guys!

Bagian 1-4 totalnya 88 cm (torso) dan bagian 5-8 totalnya 81 cm (kaki). Berarti aku termasuk long torso short legs, dimana torsoku lebih panjang dari kaki.

Nggak cuma informasi itu loh yang bisa didapat dari ngukur 8 bagian, aku juga jadi tahu informasi sbb:

  1. Aku punya leher panjang dan bagian dada yang lapang, maka atasan model turtleneck dan halter neck bakal bagus di aku. Harus hati-hati pakai kemben karena bisa berisiko bikin bagian dadaku kayak super panjang dan lapang, kurang porporsional sama bagian pinggang yang agak pendek.

  2. Total panjang badanku dari dagu ke pinggul adalah 67 cm (termasuk leher, harusnya ukur leher juga ahaha), jadi kalau cari outer harus >65 cm biar jatohnya nggak di pinggul (otherwise i will look fat); dan kalau cari atasan crop kalau mau jatuhnya pas di pinggang carinya yang panjangnya 45-55 cm.

  3. Jadi tahu kalau panjang pesak celana yang ideal biar jadi highwaist adalah 22 cm, dan panjang keseluruhan celana biar full length minimal 100 cm.

  4. Jadi yakin dari foto ini kalau aku pear body shape, batas bahuku lebih sempit dari batas pinggulku soalnya.

Dan masih banyak lagi informasi yang bisa didapat dari pengukuran ini.


DRESS FOR YOUR BODY PROPORTION

Kalau kamu punya tipe proporsi balanced, beruntunglah! kamu akan aman-aman aja pakai baju crop, celana highwaist, sabuk besar, peplum top, dll. Perhatiin aja bentuk badan kamu yaa apakah apple, rectangle atau pear. Pelajari bagian tubuh yang kamu paling suka dan fokuslah buat tonjolin bagian tsb.


Kalau kamu punya tipe long torso short legs kayak aku, coba baca post ini buat beberapa tips styling yang selama ini aku praktekkin!


Dan kalau kamu termasuk short torso long legs, ini tipsnya.


Memang masih belum lengkap, tapi aku bakal coba buat bikin tips-tips lainnya. Feel free untuk komen atau DM aku di IG kalau kalian ada pertanyaan.

I will be happy to help!

Semoga membantu!

Xo,

Fiona Nathaniel.


264 views

Comentarios


bottom of page