top of page

Derby Shoes: Review 1 Bulan Pemakaian

2 bulan yang lalu, aku dapat sepatu Derby dari Portee Goods yang baru aku intens pakai 1 bulan belakangan. I gotta say, I love it so much.

Kamu pasti jarang dengar jenis sepatu Derby, karena sepatu ini kembarannya sepatu Oxford tapi jahitan di bagian talinya terbuka, menciptakan kesan lebih casual daripada sepatu Oxford. Dengan sol 'docmart' yang tebal, selain memberikan ekstra tinggi badan, juga bisa secara instan membuat look kamu lebih modis dan bold.

Di awal pemakaian, aku nggak berharap bakal nyaman, karena harganya yang berkisar di 300 ribu-an. Dan juga, biasanya sepatu bersol tebal memang berat dan sakit kalau dipakai jalan lama. Tapi ternyata di atas ekspektasi, nggak sakit! Selama 1 bulan ini aku udah 3 - 4 kali pakai sepatu ini jalan seharian naik KRL dan kendaraan umum dengan rata-rata 9000 langkah sehari, dan baru terasa sakit di bagian jempol pas udah malam hari.


 
 

Di awal bulan Agustus aku pakai sepatu derby ini ke Social Chic event di GBK yang notabene super luas dan udah pasti jalan kaki berjam-jam, dan terasa nyaman banget. Selama pakai kaos kaki, aman sih. Walaupun aku kurang suka outfit ini karena aku merasa kurang ada kontras bentuk dari atas sampai bawah, jadi looknya terlalu flat dan boring. Maybe it will look better with flare skirt.


 
 

Aku suka banget pakai sepatu derby ini sama outfit formula andalanku yang simple dan praktis, yaitu cardigan dan rok flare. Sepatu ini bisa kasih sentuhan bold dan edgy ke outfit yang feminine dan basic.


 
 

Buat outfit weekend juga cakep banget, kamu bisa pair chunky derby ini sama wide leg pants yang full length, inner turtleneck dan outer vest lengan pendek/cardigan lengan panjang. Preppy yet elegant.


 
 

Malas ribet layering? Comot aja kaos polos sama rok midi rajut lurus, tambahkan sepatu derby dan kaos kaki colorful. Dijamin langsung jadi lebih pede dan ngerasa kece banget. Tipe sepatu yang modis tapi nggak too much gitu loh, daily wearable banget.


 

Inner turtleneck | Dress from GU Japan (similar dress) | Bag

 

Selain sama rok flare, dipakai sama dress midi A-line gini juga lucu banget, ala-ala Japanese style.


 
 

Selain rok dan wide leg pants bahan, sepatu ini bisa upgrade outfit jeans dan kaos kamu loh. Lalu lengkapi dengan vest rajut dan sabuk warna hitam. Cocok banget buat outfit ngafe estetik. Tapi usahakan jeansnya yang lebih baggy dan panjang yaa. kalau agak crop, bisa pakai kaos kaki biar looknya lebih rapi.

 
 

Karena siluetnya yang chunky, sepatu ini memang paling ideal dipakai sama wide leg pants yang panjangnya melebihi mata kaki. Langsung auto tinggi deh, apalagi kalau atasannya dimasukkan ke bawahan. Model sepatu ini juga bisa kamu pakai untuk nonton konser, seperti outfit di bawah ini.

 
 

Kalau soal berat, jangan khawatir. Bobot sepatu ini termasuk ringan dan bahannya bukan yang kaku dan keras, jadi nggak nusuk di kaki. Gampang dibersihkan dan nggak mudah baret, menurut aku ini worth it buat ditambahkan ke lemari kalau kamu sehari-hari butuh pakai sepatu formal buat jalan kaki dan beraktivitas padat, tapi ingin tetap tampil modis.


Untuk kelemahannya, sepatu ini nggak terlalu empuk solnya, jadi kalau kamu berharap pas dipakai dia bakal seperti cushion gitu, maybe this is not for you. Other than that, aku nggak bisa menemukan kekurangan lain sih. Dan aku nggak bohong soal bagian belakang yang nggak sakit ya, karena memang materialnya cenderung lentur. Untuk ukurannya, aku pakai size 38 dengan panjang kaki 23,5 cm.


Semoga membantu menjawab pertanyaan kamu yang udah lama ngincer sepatu ini tapi masih ragu, ya!

143 views

Comments


bottom of page