top of page

essential fashion items for hijab.

disclaimer dulu, aku bukan Muslim jadi aku hanya akan bahas dari segi fashion tanpa bahas teknikal penggunaan hijab dan jenis-jenis hijab yaa. jadi yang aku bahas terbatas pada item fashion basic yang hijab friendly! :)


item-item ini cocok buat kamu yang stylenya classic yet elegant!

klik foto untuk menuju ke halaman toko produk yaa!


inner sleeveless top

item pertama dan kunci dari layering adalah atasan tanpa lengan polos kayak gini. karena tanpa lengan, jadi nggak gerah kalau dipakein outer cardigan, kemeja, sampai blazer. wajib banget punya inner basic kyk gini di warna-warna netral.

kemeja basic katun

kemeja berbahan katun yang kelihatan klasik & elegan juga must have banget. kalau mau lebih casual tinggal pakai sama celana jeans dan ditumpuk pakai vest rajut! kalau mau formal dilayering sama blazer. the possibilities are endless. saranku punyain dulu yang regular cut (nggak oversize) karena lebih timeless, baru setelah itu boleh nambah koleksi kemeja oversize.

knit cardigan

biasanya cardigan rajut yang banyak beredar itu berkancing. tapi menurutku untuk hijabers, cardigan rajut tanpa kancing lebih elegan karena ketika dipakai sama kemeja, dia nggak terlalu ramai dan numpuk. terus bentuknya yang batwing bisa kasih shape yang bagus. lebih rapi aja gitu tanpa kancing. bisa dimix and match sama dress panjang dan rok juga!

blazer

kamu yang berpikir blazer cuma bisa dipakai buat acara formal dan kaku, think twice. coba deh pair blazer sama kaos atau inner turtleneck, terus mix n match bawahannya sama jeans atau rok, dijamin penampilanmu langsung ke-upgrade. rekomendasiku ini shoulder padnya bisa dilepas pasang. shoulder pad tuh penting loh, bisa bikin looknya lebih edgy, sharp, on point. nah ketika mau tampil lebih santai kamu bisa lepas padnya.

saranku beli warna blazer yang kontras sama kebanyakan atasan yang kamu punya, contoh kalau kebanyakan kaos sama blus kamu hitam, bisa beli blazer warna putih/krem biar pas dilayering looknya keren.

https://shope.ee/20Q8dHjHf7
basic blazer

wide leg pants

sering disebut kulot, celana ini bener-bener must have item banget deh. aku gatau gimana jadinya hidupku tanpa celana model ini. nah celana brand ecinos ini aku rekomendasiin karena cuttingannya tuh pas. fit di pinggang dan pinggul terus loose di paha dan gak ngatung juga. karena aku punya pinggul lebar jadi susah cari celana wide yg pas. jadi aku hapal dan ingetin banget mana model celana yang bagus, dan ini salah satunya.

slim cut pants

model celana esensial yang kedua itu yang lurus dan sedikit mengecil ke bawah. celana model ini diperlukan ketika pakai style yang lebih formal.

dan ketika pakai atasan yang cuttingannya oversize (aka tunic), bakal lebih bagus dipasangin sama celana yang lebih slim biar balance proporsinya.

basic flare skirt

untuk rok ada dua model juga, yang pertama ini yang lebih casual dan bisa dipakai sama atasan model apa aja. sebenernya rok model ini bagusnya kalau atasan dimasukin, tapi kalau kamu ga mau dimasukin, bisa kok dikeluarin. tapi pilih atasan yang gak terlalu panjang (50-60 cm) dan fitted, untuk menghindari kaki kamu kelihatan pendek dan badan lebih berisi.

silk skirt

model rok yang kedua adalah rok satin. kenapa aku saranin model rok ini? karena bakal butuh kalau kalian mau dandan lebih cakep untuk acara spesial, kayak dinner atau kondangan. karena bahannya satin tinggal dipake sama atasan kayak kemeja satin atau renda udah bisa jadi outfit pesta.

shirt dress

lebih panjang dari tunic, bahan ringan dan cuttingan lurus, dress kemeja panjang ini super versatile. bisa distyling jadi outer sama kaos dan kulot, bisa dikancing satu doang di atas, bisa jadi dress biasa, bisa juga dipake sama celana sebagai tunic. multifungsi banget kan. plus item ini dijamin bikin kelihatan langsing.

sleeveless maxi dress

item ini juga sama versatilenya sama dress sebelumnya nih! bisa dijadiin overall sama kemeja, bisa dipakein outer apapun! mulai dari vest rajut, blazer, kemeja crop, cardigan juga bisa. otomatis outfit kamu langsung jadi buanyaaak.

semoga membantu<3

Comments


bottom of page