top of page

Cara Mudah Styling Baju Warna Hitam

Siapa sih yang nggak suka warna hitam? Baju dengan kualitas biasa aja kalau warnanya hitam tuh bisa jadi kelihatan lebih mewah dan elegan. Tapi terkadang warna hitam di sebagian orang bisa bikin kulit kelihatan kusam, termasuk aku! Aku merasa kalau pakai atasan warna hitam, mukaku jadi kelihatan lebih gelap dan redup. Kalau kamu merasa hal yang sama tapi masih pengen pakai outfit warna hitam, ini ada beberapa cara styling warna hitam biar outfit lebih hidup.


Layer it with other color

Cara paling mudah untuk menghidupkan outfit full black adalah dengan menambahkan outer berwarna kontras, terus biarin sisanya tetap berwarna hitam! Contohnya dengan memakai dalaman turtleneck lengan panjang, celana hitam panjang, lalu layer dengan outer vest warna mustard. Outfitnya tetap rapi, kelihatan langsing, dan warna outfit kamu bisa tetap terlihat cerah karena kontras antara turtleneck dan vestnya. Selain mustard kamu juga bisa pakai vest warna beige/cream/putih.


T-shirt is from H&M (SIMILAR STYLE), ANKLE PANTS, CARDIGAN, FLATSHOES, Bag is super old (SIMILAR STYLE).

Selain pakai vest dan turtleneck, ada cara gampang lain nih buat hidupin outfit hitam kamu. Super simple dan mudah, yaitu pakai kaos hitam (aku saranin yang bahannya ribbed, biar lebih stylish daripada kaos oblong), celana model ankle pants, dan cardigan rajut warna coklat muda. Untuk sepatunya aku prefer pakai flatshoes daripada sneakers untuk mencegah kelihatan bantet (karena celananya ankle pants). Alternatif lain kalau flatshoes bukan style kamu, adalah strappy sandals atau loafers yang slim. Atau sneakers putih yang slim juga bisa, asal bukan yang chunky yaa.


Black as an outer

INNER SHIRT, BLACK CULOTTES, Striped cardigan is This is April but unavailable anymore (SIMILAR STYLE), Sneakers is Puma Cali Star, BLACK BAG, BLACK BELT.

Selain pakai hitam sebagai inner, kamu juga bisa styling warna hitam sebagai luaran aja, terus pakai inner warna kontras. Kalau kamu baru belajar styling, cara termudah adalah dengan tetap memakai bawahan hitam, alias matching-in warna outer dengan celana seperti foto di atas. Terus sepatunya matching-in sama warna inner kamu, di contoh ini putih. Gampang kan? ohya di foto ini aku pakai striped cardigan, ini juga bisa jadi cara untuk pakai warna hitam tanpa terlihat terlalu hitam (pakai yang ada patternnya, bisa floral juga).


White t-shirt is from Uniqlo size L, denim skirt is thrifted (SIMILAR STYLE), black cardigan is already sold (SIMILAR STYLE), LARGE TOTE BAG, black heels is Payless Fioni (SIMILAR STYLE), BLACK BELT.

Level selanjutnya styling luaran hitam, kamu bisa match luarannya sama sepatu, terus bawahannya bisa pakai something neutral other than black, in this case denim skirt! Pakai bawahan denim tuh bisa bikin look kamu cerah, santai, tapi tetap stylish! Andalanku buat pakai cardigan hitam tuh kayak gini nih, pakai sama kaos putih. Cardigan hitamnya jadi jauh lebih hidup dan menarik. Alternatif styling lain untuk look ini kamu juga bisa swap heelsnya jadi sneakers putih, terus tas putihnya jadi tas hitam yaa.

Keep the black only at the bottom

Ini cara favoritku sih untuk styling hitam! Karena aku pribadi lebih suka bawahan hitam daripada atasan hitam. Karena udah terlanjur punya atasan hitam aja makanya aku banyak pakai warna hitam, hehe. Cuma kalau disuruh milih, aku prefer pakai atasan non hitam dengan bawahan hitam, karena mukaku terlihat lebih cerah dan hidup aja dengan cara ini. Tapi ingat, usahain pakai sepatu yang warnanya sama dengan atasan, jadi warnanya balance. Contohnya di outfit di atas aku pakai atasan putih - rok hitam - sandal putih. Baru untuk tasnya bebas nih, bisa kamu samain sama warna rok atau tetap putih kayak aku.


Kalau level capsule wardrobe kamu udah naik, alias item basic kamu udah lengkap di warna netral, kamu bisa coba cara ini nih, pakai inner dan outer warna non hitam dengan celana hitam. Jadi di outfit ini totalnya ada 3 warna ya, putih-hitam-coklat. Idealnya ada item warna coklat lain buat balance-in cardigannya, tapi nggak papa deh kayak gini juga udah bagus! Kamu bisa perhatiin yahh di sini sepatunya aku samain sama warna atasan aka inner, yaitu putih. See, outfitnya cerah dan hidup walaupun pakai celana hitam!


Avoid wearing black hijab

Kalau kamu berhijab dan merasa kulit kamu redup dan kusam ketika pakai hijab warna hitam, coba deh eksplor warna netral selain hitam lainnya untuk hijab kamu. Aku nggak akan suggest putih, karena aku paham banyak yang nggak nyaman pakai hijab putih dengan alasan terawang atau sama-sama kelihatan kusam.

  • Beige

Source: Pinterest

Warna beige ini beragam banget shadenya, dari mendekati putih aka broken white sampai mendekati coklat, alias dark beige. Kamu bisa pilih shade yang sesuai kulit kamu, nah ini perlu banyak trial and error sih. Saranku mulai dari beige yang medium, nggak terlalu terang atau gelap. Warna ini netral banget dan elegan banget, super gampang masuk ke semua warna outfit, baik hitam atau putih.


Rekomendasi hijab beige:


  • Nude

Source: Pinterest

1 tingkat lebih gelap dari beige, warna nude ini mendekati warna kulit dan ada hint pinknya. Sama netralnya dengan beige, dan cocok banget distyling sama warna-warna yang lebih bold seperti merah atau hijau, buat tone down warna boldnya. Dijamin warna ini nggak bikin kulit kamu terlihat kusam deh.


Rekomendasi hijab nude:


  • Taupe

Source: Pinterest

Taupe ini warna coklat gelap, tapi saturasinya rendah aka pudar. Termasuk warna netral juga, tapi netral gelap gitu. Bagus banget distyling sama warna cerah seperti pink/hijaupastel, atau sama biru muda. Alternatif warna hitam yang elegan banget.

Rekomendasi hijab taupe:


  • Medium grey

Source: Pinterest

Sama kayak beige, abu-abu ini juga banyak banget shadenya, dari muda sampai tua. In my opinion, warna medium condong ke gelap ini yang paling versatile, masuk ke warna gelap sampai terang. Medium grey ini bagus banget dipair sama warna denim contohnya denim shirt, sampai warna gelap seperti navy. Dipakai sama warna coklat juga oke!


Rekomendasi hijab abu-abu:


When you purchase through the links on this blog, I may earn a commission.

Thank you for your support!


Semoga membantu kalian yang lagi kesulitan styling warna hitam yah. Makasih udah baca blog post ini, kalau kamu ada pertanyaan atau request konten jangan ragu untuk hubungi aku lewat DM Instagram.

Stay fashionable,

Xo,

Fiona Nathaniel.

Comments


bottom of page