top of page

Model Sabuk Yang Wajib Dipunya Apa Aja, Sih?

Sabuk adalah aksesoris yang aku paling suka, karena selain harganya terjangkau, juga mudah distyling dan efeknya signifikan banget ke outfit kita!

Karena aku sering banget dapat komen untuk spill sabuk, aku jadi ingin buat konten panduan styling tipe-tipe sabuk yang esensial, deh. Aku harap konten ini bisa kasih pencerahan ke kalian yang bingung model sabuk apa yang kalian butuhkan!


Model Sabuk Berdasarkan Ukuran & Fungsinya


1. Sabuk Kait

 
 

Sabuk kait ini lebarnya umumnya tipis, berkisar 1 - 1,5 cm. Aku suka banget sabuk ini karena vibenya yang elegan dan masuk ke semua outfit. Sabuk ini bakal berguna banget untuk menghiasi rok yang nggak ada lubang sabuknya, biar nggak polos-polos banget. Selain itu juga bisa untuk membentuk pinggang saat pakai kemeja oversized yang nggak dimasukkan ke bawahan, seperti contoh outfit di bawah ini!

 
 

2. Sabuk Tipis

 
 

Jenis sabuk yang ke-2, sedikit lebih lebar dari sabuk ke-2 dengan model sabuk biasa, yaitu menggunakan lubang. Aku punya di 2 warna, hitam dan coklat, tapi kalau kamu mau mulai beli 1 dulu, aku sarankan beli warna hitam.

Sabuk ini bakal berguna kalau kamu suka pakai ankle pants, atau celana yang cuttingnya slim. Bentuk sabuk ini yang slim bakal proporsional sama bentuk celananya, jadi nggak berat di sabuknya. Selain itu, sabuk tipis ini memiliki vibe yang lebih formal daripada sabuk yang lebih lebar. Semakin tipis sabuknya, semakin formal vibe-nya!


3. Sabuk Regular

 
 

Jenis sabuk ke-3, lebih lebar dari sabuk tipis, yaitu berkisar 2 - 2,5 cm. Punyaku ini lebarnya 2 cm, dengan buckle kotak semi oval berwarna gold. Ini juga saran aku kamu punya di dua warna netral, seperti hitam dan coklat. Karena sabuk jenis ini yang paling versatile dan masuk ke semua outfit, baik casual atau formal. Sama jeans cocok, sama kulot juga cocok.


Ada dua cara matching-in warna sabuk sama outfit, kamu bisa pakai sabuk warna kontras dengan outfitnya, seperti outfit di atas. Cara ini bisa membantu highlight bagian pinggang dan memberikan efek kaki lebih panjang. Tapi nggak direkomendasian kalau kamu punya torso pendek.

Atau kamu bisa samain warna sabuknya dengan top/outer/bottom, jadi kontras warna antara sabuk dan outfitnya low, ini menciptakan outfit yang lebih soft & monochrome daripada cara pertama.

 
 

4. Sabuk Lebar

 

Belt | Top | Jeans from Uniqlo | Boots | Bag | Sunnies from Uniqlo | Hoops

 

Jenis sabuk ke-4 ini sabuk lebar, yang lebarnya bisa berkisar dari 3-5 cm. Punya aku lebarnya 4 cm, kamu bisa sesuaikan dengan lebar lubang sabuk dari celana yang kamu punya yaa. Untuk bentuk buckle-nya bisa kotak seperti foto di atas atau bulat sesuai selera kamu aja. Untuk warnanya aku sarankan hitam agar mudah dimix and match, karena sabuk jenis ini vibe-nya lebih casual dan edgy, cocok dikenakan bersama kulot lebar, celana cargo, atau jeans baggy. Sabuk ini bisa mengubah outfit yang terlihat basic jadi lebih edgy & bold!


5. Statement Belt

 

Belt | Inner | Long cardigan is thrifted (similar link) | Pants | Shoes | Bag

 

Jenis sabuk yang terakhir, statement belt. Sabuk statement ini sebenarnya bisa berupa sabuk lebar, sabuk korset, sabuk rantai, jadi lebar dan bentuk buckle-nya bebas sesuai personal style kamu yaa. Yang penting kriterianya adalah memiliki style yang nggak basic dan menonjol, jadi bisa kasih personality & jadi center of attention dari outfit kamu.


2,964 views

Kommentare


bottom of page