top of page

Classic & Elegant Capsule Wardrobe Must Haves

Buat yang belum tahu, capsule wardrobe adalah lemari yang berisikan item-item esensial yang bisa di mix and match jadi banyak kombinasi outfit. Selain jumlah outfit yang dibuat bisa lebih banyak, juga mempermudah untuk siap-siap setiap harinya!

Tapi pada dasarnya, isi capsule wardrobe setiap orang bakal berbeda-beda. Nggak semua orang cocok pakai kemeja putih dan blazer hitam.

Capsule wardrobe yang ideal itu sangat tergantung pada:

  1. Aktivitas sehari-hari;

  2. Personal style (personality + selera);

  3. Bentuk badan.

Tapi, nggak ada salahnya sebagai pemula untuk mempelajari isi capsule wardrobe orang lain tanpa ada tekanan untuk meniru seluruh isi lemari orang lain kok.

Jadi di postingan ini aku mau sharing 15 item capsule wardrobe yang essensial versi aku!

FYI, Style profile aku adalah:

  1. Personal aesthetic: classic & chic;

  2. Work from home: comfortable yet polished outfit;

  3. Body type hourglass-pear.

Ini adalah daftar isi capsule wardrobe aku (bisa klik untuk langsung lompat ke bagian itu ya)

Black Tank

Tanktop hitam yang neckline-nya tinggi tuh bener-bener kanvas outfit yang paling useful. Dipakaiin outer apa aja bisa cocok dan super chic.

Aku punya dari Surrell, link belinya di sini. Kalau lagi pakai high neck tank tanpa outer, jangan lupa pakai bra kemben yah.

Dan saranku pilih tanktop yang non-crop, jadi bisa rapih looknya pas dimasukin ke celana.


Broken White Tank

Dengan alasan yang sama kenapa black tank itu penting, white tank juga penting sebagai kanvas polos outfit. Tanktop ku ini dari H&M, ini link belinyaa. Tanktop putih ini ketika dipasangin sama rok/celana putih juga, udah deh selesai semua outer jadi kelihatan chic banget. Psst, pakai inner dan bawahan yang sama tuh ampuh buat bikin kamu kelihatan lebih tinggi loh.


Beige Fitted Knit Top

Sebelum minta spill, sayangnya ini dari H&M (beli 2 tahun yang lalu) dan sekarang udah nggak ada lagii, tapi kalian bisa cek link yang mirip di sini! Atasan rajut tuh bisa dikelompokkan jadi dua kategori penting: loose dan fit. Aku tuh tim orang yang suka pakai atasan rajut fit, walaupun konsekuensinya kalau terlalu ketat bisa bikin kelihatan lebih berisi. Tapi kesannya lebih elegan dan rapih kalau cuttingannya fit! Loose juga bagus, tapi saranku cari yang bagian bawahnya tu ngga menyempit alias ada karetnya, karena bikin siluet badan kurang atraktif dan balance.

White T-Shirt

Sangat susah untukku nemuin kaos putih yang nggak bikin aku ngerasa terlalu lusuh dan santai. Akhirnya aku nemu ini dari Uniqlo, ini size L yaa. Kriteria kaos putih yang chic menurutku tuh yang lehernya tinggi dan nggak boxy alias oversized. And this one fits perfectly on my body!

Nude Silk Shirt

Ketika lagi malas layering dan pengen pakai 1 potong atasan aja, aku tuh pengennya pakai atasan yang langsung rapi dan chic. Not too formal, but polished. Pengen kelihatan profesional tapi nggak tua. Paham kan ya? I found a silk shirt is perfect for that. This one is in nude buat variasi warna di lemariku. Agak ke-pink-an, but still versatile. Buat yang mau kembaran juga, aku beli di sini!

White Oversized Shirt

Kemeja putih ini dari This is April, ini linknya! So this shirt is meant to do two things: as a top & as an outer. Sama kayak atasan rajut, kemeja putih ini juga banyak macamnya dan aku bisa kategoriin berdasarkan bahan: kaku dan lemas. In my opinion, yang bahannya kaku contohnya cotton poplin lah yang bagus untuk dijadiin outer juga. Dari sini kamu bisa pilih lagi, mau kemeja katun yang fit atau oversized. Untuk look yang lebih casual dan nggak terlalu office, go for an oversized cotton shirt. Tapi hati-hati karena kalau salah-salah styling bisa bikin badan kelihatan pendek dan tenggelam!


Brown Oversized Blazer

Blazer oversized yang biasa direkomendasiin orang kan biasanya warna hitam, nah ini aku pilih coklat karena the rest of my wardrobe udah hitam dan putih! Jadi dengan blazer coklat oversized ini, looknya bisa lebih casual, relaxed dan stylish. Ohya blazer ini belinya di sini yaa. Kalau kamu petite dan nggak pede pakai blazer oversized, kamu bisa substitute sama blazer yang fitted!

Black Crop Blazer

Kenapa aku masukin crop blazer ke capsule wardrobeku? Karena I really like how I feel everytime I wear it. Aku ngerasa powerful, confident, dan elegant. Sangat membantu bikin siluet hourglass dan sangat gampang distyling! Punyaku size S dan aku belinya di sini!

Tipsku biar looknya rapi, pakai sama dalaman dan bawahan yang warnanya sama jadi pas atasannya keluar-keluar, nggak terlalu berantakan looknya. Paham kan? Paham dongg.


Broken White Cardigan

Cardigan ini juga item yang tricky banget buat cari yang pas, terutama di dunia online. BUT I FOUND IT! Ini dari Leviora, dan ini linknya. Ini aslinya warna broken white tapi di foto jadi agak cream. Aku udah lama cari cardigan yang kriterianya agak loose but not too big, regular length but not too long. Dan ini, fit, banget. Vibesnya jadi semi cottage core tapi tetap chic dan elegant. Nggak bikin badan tenggelam dan kelihatan gendut. Luv deh.


Straight Leg Jeans

So sad aku nggak bisa spill jeans yang persis sama kayak jeans ini karena ini belinya di H&M offline store di Central Park, beberapa bulan lalu. Kalau kalian cari yang mirip, aku ada rekomendasi jeans ini!

Ini aku masukin ke capsule wardrobe (walaupun aku jarang pakai jeans, tbh) karena cuttingannya super flattering di semua bentuk badan. Nggak terlalu highwaist, nggak terlalu panjang, fit di pinggang dan pinggul dengan siluet melebar di bawah lutut. Simple, chic, comfortable. Cuma mungkin warnanya kalau lebih gelap sedikit bakal lebih bagus.


Black Wide Leg Pants

Kalau yang satu ini aku nggak perlu jelasin lah ya. Aku juga yakin 99% dari kalian punya celana hitam lebar, apapun bahan dan merknya. Tapi kalau kamu penasaran sama celana ini, nih ku spill.

Celana favoritku ini ada sedikit lipatan di pinggul jadi nggak terlalu formal! Tapi minusnya ketika dipakaiin outer panjang, kurang oke karena jadi numpuk di pinggul. Pakai aja sama outer crop atau crop top, bagus banget. Atau sama atasan fit badan terus dimasukin. super chic!

Beige Wide Leg Pants

Ini cuttingannya mirip banget sama celana hitam, tapi di warna beige. Sejauh ini, cuma dari tanktop sama celana aja udah ada 4 kombinasi outfit, belum dikasih outer. Gampang deh, bikin outfitnya!

Celana ini dari one and only Ecinos, ini linknya, Sering buangettt aku pakai di konten tiktokku, karena emang sebagus itu. Bahannya tebel minusnya, jadi agak panas dipakai beraktivitas outdoor. But it's worth the chicness.


White Straight Skirt

Rok ini sebenernya nggak 100% putih sih, agak abu-abu. Aku udah cari rok putih yang bagus bahannya di se-antero Shopee, dan ini lah yang paling bagus. Ini juga dari Ecinos guys, ini linknya yaa.

Tapi rok ini ada slit yang agak tinggi di belakangnya jadi kalau kalian berhijab, bisa dijahit mungkin ke tukang permak. Aku suka banget pakai rok span gini sama atasan yang fit badan, langsung dewasa banget vibesnya. Karena ini tipe rok span yang nggak ketat gitu. Dipakai casual bisa sama sneakers, dipakai formal bisa sama flatshoes atau heels.


Khaki Pleated Long Skirt

Ini rok plisket termurah dan terbagus yang kutemuin di online shop dan salah satu best buyku tahun ini sih. Ini linknya! Aku pakai warna taupe yang long. Panjangnya di aku pas banget, bikin kelihatan langsing dan jenjang. Ini juga super gampang matching-innya dan bisa untuk segala acara. Wardrobe essential, indeed!


Black Ribbed Long Dress

For days when I want to look sexier, I need this dress (ini link belinya, you're welcome!)

Dengan neckline tinggi, dress ini jadi lebih elegan dan nggak terlalu ekspos badan. ada slit di pinggir yang pas tingginya, dan harga yang terjangkau. Aku beli di sini! Dress hitam ribbed gini tuh must have karena ke-versatile-annya, dipakai sama sneakers sampai heels masuk. Tinggal ganti-ganti aksesoris dan outernya aja untuk berbagai aktivitas kalian.


Dan ini beberapa outfit yang aku buat dari 15 item di atas. Ini baru sebagian ya, masih banyak outfit yang bisa dibuat hanya dari 15 item tadi.


Thankyou for reading this post, semoga menginspirasi kalian, di tahap apapun kalian sekarang dalam mencari personal style. Jangan lupa untuk selalu fokus sama diri sendiri dan apa yang kalian butuhin yaa. Pelan-pelan pasti ketemu kok, personal style kalian yang unik!


402 views

Comentarios


bottom of page