top of page

Outfit Minimalis Selama Liburan di Bali - Lombok

Halo apa kabar girls? Aku harap kalian semua menikmati waktu liburan akhir tahun ini. Aku senang banget bisa menghabiskan waktu bersama keluargaku, walaupun liburannya ke dekat-dekat aja nih, yaitu Bali dan Lombok. Mama aku tinggal di Lombok jadi aku ketemuan di Bali langsung sama Beliau, terus habis dari Bali kami jalan-jalan deh di Lombok.

Nah aku pun bertekad menggunakan momen traveling selama 3 minggu ini untuk melatih diriku buat dress up lebih minimalis. Jadi aku buat traveling capsule wardrobe yang berisi 21 items ++ (ada beberapa item yang aku bawa tapi nggak kefoto) untuk trip selama 20 hari! Aku juga nggak beli baju baru lagi selama liburan, kalau lagi bosan aku cuma pinjam baju adikku. Makanya di post ini aku nggak sabar mau pamerin kalian outfit minimalis yang aku pakai berulang-ulang selama liburan ini. Let's go!

Going to the Beach Club

Kami stay di Seminyak selama 3 hari dan di hari pertama aku ajak keluargaku ke beach club di daerah Canggu, namanya Cafe Del Mar. Interiornya estetik banget buat foto-foto, staffnya friendly, dan pizzanya enak. emang harganya kurang worth it terutama minumannya, karena kebanyakan es batu :( tapi kalau kalian suka foto-foto, bikin konten atau suka berenang, worth it kok sama experiencenya!

Tema interiornya putih-beige gitu dan nggak aku rencanain juga untuk matching-in warna outfitku sama interiornya. Karena emang outfitku semuanya color palettenya putih-beige-coklat, hahaha. FYI, tempatnya spacious banget jadi banyak spot foto-foto yah nggak cuma 1 atau 2. Minusnya nggak bisa jalan ke pantai, nggak kayak Potato Head yang bisa langsung main di pantai habis dari beach club.

Chilling at the beach in Uluwatu

Crochet shirt is H&M, here is similar shirt I found on shopee | Skirt is thrifted, here is similar skirt style | Bag is Dikau but already sold, here is similar one | Sandals | Earrings | Necklace

Nah besoknya aku ajak mereka ke Uluwatu karena pantainya bagus-bagus di sana. Sebelum pergi fit check dulu di hotel. Btw, akhirnya aku pakai sandal yang putih sih, bukan yang coklat, karena lebih matching sama sepatu putih untuk outfit ini. Andalanku kalau mau pergi ke pantai tapi pakai baju basic tuh, anting rotan ini sih. Bikin outfitnya jadi beach appropriate walaupun bajunya basic & minimalis.

Aku sengaja cari pantai yang aku nggak pernah kunjungi, dan pilihanku jatuh ke Pantai Padang-Padang! Alasannya karena tangga ke bibir pantainya nggak terlalu jauh dari pintu masuk, dan akses mobilnya juga mudah. Bagus banget warna lautnya, banyak tebing-tebing yang bikin viewnya luar biasa. Aku ke sini pas jam 2 siang jadi nggak betah lama-lama. Aku saranin kalian sampe sini jam 5 an, biar ideal cuacanya!

Strolling at Seminyak & sunset at beach club

Top is from Asoka | Jeans is from H&M, below are similar jeans I found | Headband | Necklace from Andall Studios | Earrings from Velour Jewels

Hari ke-3 ini paginya tiba-tiba aku demam, tapi karena pengen banget liburan jadi setelah minum obat dan makan yang banyak, siangnya aku tetap pergi. Aku memutuskan buat pergi dekat-dekat hotel aja, jalan kaki kelilingin area Seminyak. Aku berdua aja sama suamiku, dan kami mampir di Motel Mexicola, kafe yang sempat hits banget di tahun 2017 an. Aku cobain taco, kali ke-2 makan taco setelah nyobain di Como Park, jakarta. Taco di sini enak banget, kulitnya lembek tapi isinya melimpah. Bumbunya otentik rasa Meksiko gitu, asam manis. Enak banget!

Eh kok malah ngomongin makanan...

Setelah makan taco, kami pengen duduk nonton sunset gitu di beach club deket-deket. Awalnya mau cari yang biasa aja, tapi pas cek di Google Map lihat ada "Alila Beach Bar" baru tau ada Alila di Seminyak? jadi penasaran, kami pun mutusin nekat aja deh semoga nggak ada minimal spend. Dan bener aja nggak ada minimal belanja yah, untuk kursi yang di tengah. Kalau mau depan pantai banget baru deh ada minimum spending Rp 250.000/orang. Tapi di kursi yang aku foto itu udah bagus banget bisa lihat sunset. I felt really lucky.

Back to outfits, hari ini aku nggak mood buat outfit yang ribet, jadi aku pilih top yang nyaman aja sama jeans yang nyaman juga. Biar nggak polos-polos banget, aku pakai headband dan kalung silver. Menurutku turtleneck tank top bisa banget jadi pilihan outfit liburan kalau nggak mau terlalu terbuka, tapi masih pengen tampil relaxed and free spirited.

Visiting Monkey Forest and Strolling Around Ubud

Knit dress from Kyra | Brown top from Atmauv | Necklace from Emrys | Earrings from Otherfolks | Shoes Adidas Samba | I didn't bring my bag here because I'm scared of the monkeys

Jadi kan di traveling capsule kemarin ada cardigan rajut coklat, tapi jadinya aku nggak bawa karena merasa dia terlalu tebal dan makan space di koper. Alhasil outer yang aku bawa cuma 1 nih, yaitu blazer oversize gitu. Berhubung blazer nggak cocok dipakai sama dress rajut, hari ini aku pakai atasan V-neck coklatnya jadi outer, terus pakai sneakers karena bakal banyak jalan. To be honest aku kekurangan outer nih terutama yang bernuansa pantai & liburan. Pelajaran untuk next trip buat bawa outer lebih!

Hanging out at the Beachwalk then have romantic dinner

Setelah istirahat 2 hari habis sakit, hari ke-7 ini acaranya cuma jalan-jalan aja di Beachwalk Mall. Awalnya aku nggak planning beli apa-apa, tapi pas aku lihat tas sling bag kulit ini aku kayak terhipnotis buat ambil dan cobain. Lah bagus banget? aku bukan tipe orang yang suka tas casual, tapi tas ini kayak memanggil aku buat bawa dia pulang. Warnanya super modis, ukurannya super practical, bisa muat ipad. Dan nyaman banget pas dipakai, ringan dan ga sakit di pundak. Harganya Rp 499.000, agak pricey yaa buat tas yang nggak structured gini. Tapi karena pertimbangan bakal awet karena ini Uniqlo, akhirnya aku beli. Dan nggak nyesel sama sekali, sejak beli itu besok-besoknya aku pakai tas ini terus pas bepergian. Jadi nggak pakai tas tote besar lagi, lebih praktis.

Silk dress from Zara, very old. Here is similar dress style | Silver drop earrings

Malamnya aku dinner romantis deh sama suami aku di daerah Pererenan, nama restorannya Hippie Fish. Seneng banget nemuin tempat ini dari ig, sesuai ekspektasi aku banget. Menghadap pantai langsung dan ambiencenya cocok buat introvert. Staffnya juga not too much, jaga privasi gitu. Karena masih baru juga masih sepi pengunjung. Makanannya enak, walaupun emang too pricey, untuk steak tuna 500 gram, 1 pasta, dan 2 gelas wine, kami bayar Rp 1.070.000. Tapi menurut aku worth it, karena harga segitu kalau di Jakarta nggak bisa dapat experience dinner dengan view yang breathtaking kayak gini,

Ohya dressnya ini aku beli udah 2 tahun yang lalu, really love the color dan jatuh cinta pas pandangan pertama. Padahal dia sale, harganya cuma Rp 189.000 tapi nggak pernah dapat kesempatan pakai. Makanya pas ke bali ini aku sengaja bawa 1 special dress barangkali bisa makan cantik. Eh ternyata pas dicoba (di rumah aku ga coba dulu sih) di hotel nggak muat dong di bagian dada. Akhirnya aku paksa dan aku akalin strapnya jadi halter neck. Moral of the story, sebelum bawa baju liburan wajib ditry-on dulu takutnya nggak muat. hihi.

Cafe hopping & beach strolling

Wearing the same crochet shirt & knit dress as previous outfits, with my new Uniqlo Bag.

Di hari terakhir sebelum balik ke Lombok, adikku ajak kami ke kafe ala Korea yang lagi viral, yaitu 32do. Tempatnya emang aesthetic banget, dekorasinya unik. Makanannya standard sih, pastry-pastry gitu. Tapi kopinya enak banget, yang suka kopi wajib cobain. Ini aku foto di spot foto wajib orang kalau ke sana. Kebetulan color palette interiornya match dengan outfitku, senang deh.

Habis dari sana kami jalan kaki ke Pantai Petitenget, makan sate dan lumpia pantai, sambil lihat sunset. Walaupun sederhana, tapi menyenangkan.

Going back to Lombok by ship

Blazer from Ecinos i wear Tortilla color | Jeans from Jiniso size 31

Kami kembali ke Lombok naik kapal, karena mamaku bawa mobil ke Bali naik kapal juga. Perjalanan di laut selama 4 jam, dan aku mabok banget. Ombaknya besar jadi kapalnya super goyang. Selama di kapal dingin, jadi aku pakai blazer dan sneakers. FYI, aku orangnya gampang kedinginan banget. Jadi kurang suka pakai baju pendek-pendek, hihihi. Di luar dugaan, kombinasi outer panjang dan flare jeans bagus juga. Aku kira bakal aneh dan nggak proporsional.

Christmas dinner with family

I borrow my mom's dress, this one is from This is April but was bought a long time ago. below are similar vibe dress | Earrings from Otherfolks | Hair bow clip from KKV, i link similar below

Setibanya di Lombok kami stay at home aja do nothing selama 3 hari, nah di tanggal 24 malam aku ajak mama dan adikku buat dinner di kafe dekat rumah. it's not very instagrammable but I was happy I get to spend time with them. Karena aku pengen tampil beda, aku pun pinjam dress mamaku yang dia nggak pernah pakai karena nggak pede, katanya. Dressnya bukan tipikal style aku biasanya tapi ternyata aku suka, bikin aku ngerasa muda dan playful. Aku keep it simple aja pakai sama sandal putih, no kalung, anting pink, dan tidak lupa pita pink!

Sepulang dari dinner kami beli tiramisu cake di kafe kecil (foto bawah) dan ada spot foto kecil yang imut banget. ini bisa jadi ide pose foto kalau kamu pemalu yaa, lihat ke samping (better wear a hair accessory for maximum cuteness) dengan kedua tangan pegang lutut. Merry Christmas!

Chillin' at Selong Belanak Cafe

Inner tank from Evertops, size S. it's a square neck tank and it's my most favorite low neck line shape. it makes your neck appear longer | Cardigan is my sisters', from Colorbox, here is similar link | Pants from Popoluca | Sunnies are really recommended, cuma 50rb an kelihatan kyk ratusan ribu

Karena orang tuaku sibuk kerja, adikku ajak pacarnya bawa mobil buat antar aku dan suamiku jalan-jalan ke daerah Selong Belanak. Ada banyak kafe dan beach club di daerah sana, recommended kalau kalian ada rencana jalan-jalan di Lombok. Pertama kami ke Lantis Restaurant, nggak terlalu bagus kafenya tapi pemandangannya luar biasa (foto pertama). Sepi dan bersih banget pantainya sampai pasirnya bisa jadi cermin. Habis dari Lantis kami ke Amber Resort, ini lah baru liburan. Jadi Amber tuh hotel tapi ada restaurannya juga. Makanannya terjangkau banget, main menunya start 80.000-150.000. Rasanya enak, porsinya besar, ambiencenya kayak di Bali. SO happy I went there. I even created a vlog saking senangnya.

Aku juga suka outfitku hari itu! Pakai outfit full beige bikin aku ngerasa super pede dan kece. Ternyata aku juga suka kombinasi tanktop dan cardigan v-neck yang dikancing full, vibesnya tuh dewasa tapi tetap santai. I think kuncinya di sini adalah style celana yang tepat. Pastiin dia baggy tapi fit di pinggang, jadi nggak bikin kelihatan berisi.

Beach hopping at Kuta

Kali ini perginya sama orang tuaku, ke daerah Kuta! Pertama kami ke Pantai Mawun, bersih dan sepi bangett. Viewnya jauh lebih bagus dari pantai di Bali, menurutku. Sayang banget nggak ada pihak yang mau ngembangin dan mengelola tempat sebagus ini.

Aku pakai outfit yang simple aja, layering tanktop racer sama atasan V-neck yang aku jadiin outer. Karena mau main di pantai aku pakai celana pendek. Kalau kalian berhijab, bisa pakai bawahan kulot bahan flowy kayak crinkle atau rayon, jadi kalau basah nggak berat dan tinggal ganti baju deh.

Habis dari Mawun kami pergi ke Pantai Tanjung Aan, hampir mirip sih pemandangannya tapi bedanya pantai ini lebih luas, dan lebih surut air lautnya, jadi lebih banyak area untuk main air. di sini juga jauh lebih ramai pengunjung. Kami habisin 1 jam main di laut yang dangkal, cari-cari biota laut. Adikku suka banget aktivitas itu, hahaha.

Btw, scrunchie dengan pita motif bener-bener bikin outfit ordinary kalian jadi menarik difoto loh!

Staying At Kuta, Relaxing at the beach

Top is my sisters' from H&M, here is similar link | Skirt same with first outfit, the rest are also same!

Hari ini kami menginap di hotel di Kuta, jadi depan pantai Kuta persis. Sepi banget di sini, jauh dari keramaian kayak di Legian, tapi super menyenangkan suasananya. Bisa pinjam sepeda listrik dengan harga 40rb/jam, murah banget. Aku pinjam atasan adikku yang aku pair sama rok linen putih, jadi kayak dress ya dari jauh. Di hotel ada pohon yang cantik, jadi pengen foto ala-ala princess gitu deh, mumpung bajunya cocok. Sekali lagi, pita pink ini menyelamatkan outfitku!

Kalau kamu bingung pengen beli baju baru untuk vacation yang bisa dipakai terus, puff sleeve top bisa jadi pilihan! Bikin kelihatan langsing dan stylish tanpa layering dan masuk ke berbagai bawahan, baik celana ataupun rok.

yang suka warna lipstickku, ini all time favorite aku banget, yaitu Makeover intense matte lip cream shade Posh.

Relaxing at hotel before going back home

Top from Asoka | Cardigan & skirt same with previous outfit | Earrings from Otherfolks | Hat is old from pedagang asongan di Kuta, here is similar hat link

Hari ini kami balik ke Lombok, dan karena checkoutnya siang jadi cuma bisa foto-foto di kafe depan hotel deh, terik mataharinya nggak bisa ditoleransi hahaha. Kami langsung pulang ke rumah dan makan ikan bakar di jalan pulang. So not many photos today, just a mundane day. Walaupun tau nggak ada acara, aku udah kebiasaan dress up, dan ini yang buat aku tetap waras, walaupun aku lagi bad mood atau terjadi hal yang aku nggak suka. At least I have control over my outfits, and that are enough to keep me sane. Anyone relate?

Spending New Years Eve at Senggigi, winding down at hotel watching fireworks

Same turtleneck from Asoka | Skirt is my sisters', it's thrifted, here is similar style.

Kami menghabiskan malam tahun baru menginap di area Senggigi, karena hotel-hotel di Kuta udah full booked dan harganya mahal banget. Di Senggigi kami hanya bersantai di kafe dekat hotel, dan malamnya lihat kembang api. Karena aku juga ingin istirahat, jadi aku nggak terlalu memaksa diriku untuk buat outfit yang bagus. Aku pakai yang nyaman aja, dan atasan turtleneck ini belum banyak aku pakai di trip ini. Karena aku bosan banget pakai celana pendekku, aku pinjam rok pendek adikku yang warnanya cantik banget dipakai sama turtleneck aku. I keep it simple this time without layering. So grateful for the chances to spend time relaxing at the beach like this!

Ini outfitku keesokan harinya, 1 Januari 2024. Happy New Year everyone! Semoga di tahun 2024 ini komunitas ini makin bertumbuh dan aku bisa membagikan inspirasi outfit yang lebih relate dan berguna buat kalian. Makasih udah baca blog ini, karena kalianlah blog ini ada. I love you guys so much!