top of page

questions to help you declutter.

di video tiktok aku tentang cara bangun capsule wardrobe, banyak yang kesulitan karena banyak baju yang gak sesuai style dan sulit buat buang baju yang udah nggak fit/nggak kepake lagi karena sayang bajunya.


buat saringan awal, baju yang udah pasti harus direlain pas declutter itu:

- yang udah gak fit (kegedean/kekecilan).

- yang udah rusak/cacat dan gak bisa dibenerin.

- yang kamu ga akan mau pake lagi karena nggak nyaman dan nggak suka.


kalo kamu udah melalui step barusan, biasanya sisa baju yang bikin galau. edisi dibuang sayang, tp disimpen jg nggak kepake. coba inget-inget,


apa kamu pernah pake baju ini 1 bulan terakhir?

kalo nggak pernah, bakal pake nggak dalam waktu 1 bulan ke depan?


kalo kamu masih bingung buat simpen baju itu atau nggak,

coba tanyain pertanyaan-pertanyaan ini:

1. apa baju itu cocok distyling sama baju-bajuku yang lain?

kadang kita tanpa sadar kalap dan beli baju yang bagus dipake orang lain (e.g. influencer) tanpa mempertimbangkan apakah baju itu nyambung sama baju lain di lemari kita.

kalo kamu udah eksperimen dan cari cara buat styling baju itu sama baju kamu lainnya dan gak berhasil, it's totally okay to let them go!

bisa dijual di Carousell atau kasih sodara kamu, kok.

ini contohnya, tanktop yang aku beli karena lapar mata dan gak nyambung sama baju2ku yang lain... jadi salah satu yang aku declutter.


2. apa ada suatu hal tentang fittingnya yang bikin kamu nggak suka?

kadang pas kita beli baju di online tuh asli sama fotonya beda, walaupun bedanya nggak banyak tapi itu bisa bikin kita gak suka pakenya. contoh warnanya ternyata lebih gelap, atau ukurannya tll gede, bentuknya gak pas di badan kamu, dsb.

jangan sedih, jangan nyesel. belajar dari pengalaman, jadi kamu tau oh untuk barang ini ternyata harus cari yang gimana.

bersyukur atas pelajaran yang berharga dan relain bajunya.


contohnya cardigan ini, aku beli karena lapar mata pas lagi thrift di senen. tanpa perhatiin bentuk kancing dan ukurannya, alhasil ngga kepake dan mau aku declutter.


3. apa aku simpen baju ini hanya karena aku merasa harus punya baju kategori ini?

terkadang karena informasi eksternal, kita jadi FOMO harus punya suatu barang, padahal kenyataannya kamu gak butuh barang itu. contoh kalo di aku, baseball cap. everyone on the internet wears that, but i never want to wear it karena it looks ugly on my head.

just because everyone wears it, doesn't mean you need it.

kalo kamu punya katakanlah rok span. tapi kamu gak nyaman banget pake rok itu, jadi kamu gak pernah pake. kamu simpen hanya karena rok span tuh 'must have'.

well i think it's safe to let it go.

contohnya dress ini yang aku beli hanya utk penuhin kategori "basic dress" ternyata aku gapernah pake krena gak suka bentuknya.


4.apa kamu punya baju lain yang mirip?

kalo punya lebih dari 3 yang mirip dan gunanya sama.. kemungkinan besar kamu ga bakal pake semuanya. i think it's time to let one (or two) of them go.

ini contohnya aku punya 3 celana abu, yg satu ini gapernah kupakai krn cuttingannya fit di pinggul bikin pinggulku keliatan gede. jadinya aku declutter yang ini.


5. coba fit test.

kalo kamu gak rela buang baju, langsung cobain itu baju dan coba kamu pake baju itu pergi seharian. perhatiin pas kamu pake baju itu kamu ngerasa pede/gak? kalo kamu ketemu orang penting pas pake baju itu, kamu bakal malu/bangga? dari situ, kamu bakal tau baju itu layak disimpen/nggak.

contohnya atasan ini awalnya aku masih bingung aku declutter/nggak krn ga ada yang salah sih. akhirnya kmrn aku pake pergi dan ternyata aku udah gak suka lagi. jadinya aku declutter deh!


Commentaires


bottom of page