top of page

Regular Blazer Vs Crop Blazer, Mana Yang Lebih Cocok Untukmu?


Regular blazer is more classic & timeless

 
 

Blazer adalah salah satu item yang nggak lekang oleh waktu. Namun demikian, banyak tren variasi model blazer yang datang dan pergi, baik itu oversized blazer, crop blazer, atau peplum blazer. Namun regular blazer yang cutting-nya basic apalagi dengan warna netral, tetap relevan dan bagus dipakai untuk sehari-hari. Kalau untuk outfit ngantor kamu pasti udah nggak asing lagi, regular blazer ini bagus dipakai dengan wide leg pants, sabuk, dan pointed shoes. Untuk inner-nya bisa kemeja untuk look yang lebih business formal, atau ribbed tee untuk yang lebih casual.


Crop blazer is trendier & bolder

 
 

Sedangkan crop blazer seperti yang udah aku singgung, adalah item yang termasuk dalam siklus tren. Crop blazer ini bisa menyulap outfit basic jadi lebih bold & edgy. Seperti outfit di atas, aku styling dengan item basic seperti wide leg pants dan turtleneck, penampilanku jauh lebih bold dibanding saat pakai regular blazer. Jika distyling dengan item seperti celana cargo atau rok cargo, bisa jadi outfit street style yang keren. Cocok juga lho, jadi outfit konser yang chic!


Jadi, kalau kamu udah punya regular blazer dan ingin item statement untuk membuat penampilan kamu lebih ekstra, crop blazer ini worth it banget untuk dimiliki. Kebetulan, yang aku pakai ini dapat dari INVIO, brand tailored pieces yang kebanyakan produknya itu statement dan non basic. Tapi tenang saja, tips ini juga berlaku untuk semua crop blazer!


Regular blazer is suitable for more masculine look

 

T-shirt | Jeans is Uniqlo (similar link) | Belt | Bag | Headband

 

Regular blazer, semakin oversized cutting-nya, semakin maskulin & sharp looknya. Bukan berarti nggak bisa distyling jadi outfit feminine ya, maksudnya adalah vibe dari blazer itu sendiri yang lebih maskulin. Jadi kalau kamu pair sama rok, kamu bisa menyulap rok yang feminine jadi lebih cool & eksentrik. Untuk outfit casual, regular blazer ini cocok banget dipakai sama jeans & sneakers, menghasilkan outfit sehari-hari yang effortlessly chic.


Crop blazer is more feminine

 
 

Sedangkan crop blazer ini memiliki vibe yang lebih feminine. Tapi bukan feminine yang soft & coquette, tapi lebih mature & sophisticated. Tapi aku nggak bilang crop blazer ini lebih bagus daripada fashion item lain yaa, aku hanya berusaha menggambarkan perbedaan vibe dan karakteristik dari masing-masing fashion pieces, jadi kamu bisa menggunakan informasi ini untuk membangun outfit yang sesuai dengan kepribadian kamu! Seperti outfit di atas, aku ingin membuat outfit ala old money yang elegan & sopan tapi tetap modis & modern, jadi aku pair sama tanktop, mary jane flats & kaos kaki.


Avoid wearing regular blazer with flare skirt

 
 

Selanjutnya kita bahas bawahan yang cocok, terutama rok. Karena yang tricky ini memang rok yaa. Coba kalian lihat di foto kiri saat aku pair regular blazer yang panjangnya melebihi pinggul sama rok flare yang midi alias sedikit di bawah lutut. Bentuk flarenya nabrak sama blazernya, terus perbedaan panjang blazer & roknya hanya sedikit jadi terlihat 'nanggung' dan bikin kaki terlihat pendek. Nggak jelek sih, hanya looknya akan lebih bagus kalau roknya diganti jadi rok pensil alias rok lurus, terus panjangnya maxi. Lebih rapi, lebih kasih slimming effect, dan lebih stylish!


Crop blazer looks best with flare skirt

 
 

Nah kalau kamu petite dan suka pakai flare midi skirt tapi takut terlihat pendek, pakai aja sama crop blazer. Panjangnya yang jatuh di pinggang, jika dikombinasikan dengan flare skirt yang highwaist seperti ini menghasilkan outfit yang super atraktif, flattering, dan princess-like. Cocok untuk special occasion seperti opera night, gala dinner, atau romantic date. Sooo elegant! Ini roknya juga dari Invio, bahannya bagus banget tebal dan jatuh, terus nggak ada karet di pinggang jadi looknya rapiiih.


Menurut aku untuk price point di atas Rp 300.000 rata-rata, kualitas produk Invio sebanding dengan harganya. Kalau kamu lagi cari formal, tailored pieces yang benar-benar berkualitas dan bisa dipakai lama, aku recommend untuk beli produk mereka.

385 views

Comentários


bottom of page