top of page

Straight Skirt Vs Flare Skirt, Mending Beli Yang Mana?

Salah satu tantangan dalam styling pakaian adalah mengenali jenis fashion item yang berbeda kemudian mencocokkannya dengan item yang tepat untuk membuat sebuah outfit yang tidak hanya fashionable, tapi juga cocok dengan acara dan aktivitas.

Selain celana, rok adalah bawahan yang sering banget kita kenakan sehari-hari. Tersedia dalam berbagai macam siluet dan warna, pasti banyak dari kalian yang kesulitan memilih jenis rok mana yang cocok untuk kalian. Dari sekian banyak rok, ada 2 siluet atau bentuk yang paling umum, yaitu rok lurus (straight skirt) dan rok mengembang (flare skirt).

https://shope.ee/4AcjDBVWwl
straight skirt

https://shope.ee/1qEoRL6xzJ
flare skirt

Aku akan menggunakan kedua rok di atas di post kali ini untuk menunjukkan perbedaan kedua jenis rok ini. Aku harap bisa membantu kalian lebih memahami perbedaan siluet rok dan mempraktekkannya ke dalam rok yang kalian sudah punya, atau pada keputusan pembelian kalian selanjutnya!


Straight Skirt VS Flare Skirt: Atasan Yang Cocok?


 

Sweater from Uniqlo | Heels | Bag

 

Rok lurus alias straight skirt yang lebih fit di badan akan lebih cocok distyling sama atasan yang lebih longgar atau oversized. Atasan yang lebih longgar bisa menyeimbangkan rok yang lebih slim. Tapi hati-hati, pilihlah atasan yang panjangnya tepat. Contohnya sweater yang aku pakai ini, panjangnya nggak lebih dari perut. karena jika terlalu panjang, akan memecah badan kamu jadi 50:50 dan berisiko membuat badan kamu terlihat pendek. Cara lainnya adalah dengan mengenakan atasan yang bahannya tipis, jadi memungkinkan atasan tersebut dimasukkan ke dalam rok lurus kamu dengan rapi.


 

Top from Uniqlo (similar top link) | Shoes | Bag

 

Sedangkan flare skirt yang mengembang dan bervolume akan bagus dipakai sama atasan yang lebih fit badan. Nggak harus ketat, yang penting mudah untuk dituck-in. Karakteristik rok ini adalah highwaist dan membentuk pinggang, jadi idealnya dipakai dengan atasan yang dimasukkan. Jadi akan lebih bagus dan rapi looknya kalau atasannya lebih fit badan. Alternatifnya, kamu bisa pakai dalaman yang ketat lalu layering dengan outer yang lebih longgar, jika tidak nyaman menggunakan atasan yang ketat.


Straight Skirt VS Flare Skirt: Vibe/Occasion?


 

Inner | Blazer | Boots | Bag

 

Rok lurus ini memiliki vibe yang lebih formal, dengan atau tanpa dikenakan dengan item-item lain yang formal. Misalnya kamu ingin membuat kaos lebih formal, kamu bisa pakai sama rok lurus ini. Jadi idealnya rok ini cocoknya dipakai untuk ngantor/ngampus. Cocok untuk kamu yang sehari-harinya butuh berpakaian rapi & profesional! Rok ini juga bagus distyling sama blazer, dijamin badan kamu nggak terlihat tenggelam kalau pakai blazer sama rok ini.


 
 

Rok flare memiliki vibe lebih casual dan playful daripada rok straight, apalagi kalau panjangnya agak midi seperti rok ini, dengan warna yang cerah. Cocok dipadukan sama cardigan/sweater untuk membuat look yang lebih feminine. Kalau mau nge-date casual atau staycation, cocok nih pakai rok ini!


Straight Skirt VS Flare Skirt: Bentuk Badan Yang Cocok?


 
 

Bentuk rok straight yang lurus dan slim cocok nih untuk kamu yang petite, karena secara visual membuat badan kamu terlihat panjang ke atas secara vertikal, apalagi kalau warnanya hitam. Jadi rok jenis ini aman kamu pakai sama flatshoes sekalipun.

Tapi kalau kamu ingin terlihat lebih tinggi, kamu bisa pakai heels balok 3-5 cm untuk outfit yang masih nyaman digunakan sehari-hari. Akan lebih bagus lagi jika dipair sama atasan/outer yang warnanya sama dengan roknya, untuk menciptakan ilusi badan kamu menjadi satu garis panjang yang tidak terputus.


 
 

 

Cardigan | Shoes from Sappun | Bag

 

Sedangkan rok flare yang mengembang dan bervolume berisiko membuat badan petite kamu terlihat tenggelam, jika dipair dengan sepatu yang salah. Hindari menggunakan rok flare dengan sepatu chunky, karena membuat bobot kaki kamu berat di bawah. Coba pakai dengan sepatu yang slim seperti flatshoes atau heels.

Poin plusnya, rok flare ini cocok untuk pear body shape karena bisa menyamarkan lebar pinggul dan paha serta lebih highlight pinggang. Jadi jika kamu petite DAN memiliki tubuh pir, coba pakai flare skirt dengan atasan fit badan yang dimasukkan ke rok, lalu pakai heels. Voila, dijamin penampilan kamu lebih langsing dan tinggi secara instan.


Semoga penjelasanku membantu kamu untuk memutuskan mana model rok yang cocok, dan juga membantu kamu yang bingung bagaimana styling kedua rok di atas!

With Love,

Fiona Nathaniel.

264 views

Comments


bottom of page