top of page

Three Essential Office Outer (That Are Not Blazers)

Blazer. Pasti udah sering banget denger creator/fashion guru bilang blazer adalah item must have di lemari. Entah buat kerja atau buat weekend & event-event. Emang benar sih, blazer itu sangat multifungsi dan berguna banget buat banyak acara dan langsung instantly bikin kita tampil lebih percaya diri & stylish. Tapi nggak semua orang suka blazer, mostly karena gerah dan ngerasa blazer terlalu 'berlebihan'.


Worry not, karena layering tanpa blazer ke kantor juga bisa stylish kok!

Ini 3 style outer alternatif selain blazer yang gampang distyling, lebih nyaman, dan nggak kalah stylish!


1. Cotton Cardigan

Cardigan rajut terlalu casual & santai, tapi blazer terlalu kaku & serius? Cardigan katun jawabannya. Kalau biasanya outer bahan katun/linen tuh necklinenya lurus alias V, yang ini unik & lebih bagus karena neckline-nya O. Ketika dilayering bikin outfit kalian lebih atraktif & berdimensi. Nah cuttingannya tuh oversize jadi nggak sesek dan gerah, cocok buat cuaca panas. Warna putih ini yang paling chic & versatile menurutku, bisa mix n match sama warna inner favorit kalian deh.

Aku styling sama inner fit body & slim crop pants, karena outernya udah oversize jadi usahain pakai item lain yang lebih fitted biar nggak tenggelam, dan bakal lebih bagus kalau pakai sepatu berhak! Soo modest, so chic, so comfy.

Outer ini kelebihannya bisa dipakai 2 cara, simple aja kayak foto pertama, atau dilipat kerahnya jadi V-neck terus disabukin pakai sabuk ikat/kait untuk ngebentuk pinggang kayak foto di bawah. BTW ini sabuknya aku dapat dari celanaku yang lain, bukan dari outernya yaa. Kamu bisa beli sabuk tali di sini atau pakai sabuk kait kayak gini.

Jadi kaya kimono gitu! Bisa 2 vibe, ga bakal rugi deh punya outer ini. Mana harganya murah banget. Cuma emang karena katun & oversize, agak tricky yaa bisa bikin badan kelihatan berisi kalau salah styling. Emang harus pair sama item yang fitted & not too thick sih kuncinya, biar nggak bulky.

2. Silk Jacket

Outer ke-2 ini sejenis blazer tanpa kerah, tapi bahannya silk dan cuttingannya slim fit. Cuttingan & bahan kyk gini tuh bikin kamu kelihatan rapi & professional, tanpa harus gerah-gerahan. Dan ngga kayak blazer yang cuma bisa jadi luaran, outer ini bisa jadi atasan silk gitu, dipakai sama celana atau rok bisa.

Bener-bener opsi yang tepat banget di kala mau layering, tapi bosan sama cardigan rajut dan malas pakai blazer!

Aku styling sama inner tanktop ketat & rok span full black untuk outfit yang clean & professional. Hanya dengan pakai dalaman & bawahan yang warnanya sama, bisa bikin kita kelihatan jago mix n match, padahal simple aja, apalagi sama-sama hitam, kayak ga perlu mikir susah-susah deh. Kalau warna dalaman dan luarannya kontras itu looknya menurutku bisa lebih eyecatching sih.

Ribbed Tee from Uniqlo | Pants | Belt | Bag | Heels

Outer ini juga bagus banget dipakai sama kaos O-neck polos & wide leg pants! Pakaiin sabuk untuk ngebentuk pinggang & dijamin outfit kamu dipuji banyak orang di kantor. Warna coklat tua kaya gini sih emang paling aman dipakai sama warna hitam, putih & beige. Ada yang size L-XL (LD 98 cm), dan emang outer ini jatohnya fit di badan, bukan yang longgar gitu.


3. Corduroy Vest

Kalau 2 outer sebelumnya udah lengan panjang, yang terakhir ini sleeveless, aka vest. Bukan vest rajut, bukan tailored vest, tapi corduroy vest. Warnanya coklat muda yang vibrant, jadi aku pair sama inner & pants hitam, for a easy quick styling.

Top | Pants | Shoes | Bag is thrifted

Kalau 2 outer sebelumnya udah lengan panjang, yang terakhir ini sleeveless, aka vest. Bukan vest rajut, bukan tailored vest, tapi corduroy vest. Warnanya coklat muda yang vibrant, jadi aku pair sama inner & pants hitam, for a easy quick styling. Pas kamu pakai inner yang fit body & relatif tipis, bisa dikancing semua untuk look yang rapi & formal.

Nah untuk look yang lebih santai, atau ketika kamu pakai vestnya sama top yang lebih longgar, bagusnya dibuka aja gitu. Looknya lebih rileks & casual. Warna vest ini dipair sama warna jeans masih masuk banget. Sepatunya juga bisa ganti jadi sneakers putih, for a maximum casual look.


That's it, 3 style outer dari Modsav yang menurutku esensial buat kamu yang sehari-harinya ngantor dan ingin tampil stylish.

Semoga menginspirasi dan aku seneng banget kamu baca blog post ini, feel free kalau ada request topik/pertanyaan drop it on DM Instagram!

Xo,

Fiona Nathaniel



Comments


bottom of page