top of page

Tips Mix & Match Warna Outfit

Apakah kamu pernah dengar tentang three color rule? Sederhananya, three color rule adalah teknik styling pakaian dimana sebuah outfit akan terlihat bagus & modis jika memiliki paling banyak 3 warna. Ada pro & kontra tentang aturan ini, ada yang beranggapan warna netral nggak terhitung, ada yang terhitung. Agar jelas, coba lihat foto outfit di bawah ini.


 
 

Coba hitung ada berapa warna di outfit ini? Ada warna coklat muda, coklat tua, putih, dan sedikti hitam (dari motif polkadot roknya). Jadi bisa dibilang 3 warna, dan outfit ini bisa dibilang matching dan balance. Sekarang coba lihat yang ini...

 
 

Ada warna beige, coklat, hitam, dan merah. Totalnya ada 4 warna, jika menghitung warna hitam. Tapi outfitnya masih bagus dan stylish, kan? Jadi three color rule ini bukan aturan yang mutlak, apalagi kalau kamu stylenya bold & vibrant. Bisa-bisa 1 outfit ada 5 warna. Terus gimana dong cara styling outfit yang lebih dari 3 warna, agar tetap terlihat modis & balance? Ini tips mix & match warna outfit, untuk memudahkan kamu yang baru mau belajar styling baju, atau sekedar butuh inspirasi!


Tips mix & match warna outfit dengan mudah


Gunakan inner di warna non netral

 

Inner is thrifted (similar link) | Shirt | Pants | Shoes | Bag | Belt

 

Kalau baru banget dalam hal warna seperti aku, cara paling gampang adalah menggunakan inner di warna non netral, bisa hijau, merah, biru atau warna apapun. Kamu selalu bisa mengenakan inner tersebut dengan outer 'comfort zone' kamu, seperti kemeja garis-garis. Kemudian untuk celananya, gunakan warna netral agar mempermudah saat styling.

Hal terpenting yang aku lakukan di sini adalah sandwich method, yaitu menggunakan sepatu dan aksesoris (tas & sabuk) di warna yang sama. Cara ini bisa membantu banget saat proses mix and match warna loh. Karena tas & sepatunya udah pasti sama warnanya, kamu jadi tinggal memikirkan warna untuk top & bottomnya. Seperti jaring pengaman begitu, perannya.


Gunakan formula terang, gelap, medium.

 

T-Shirt | Vest | Denim shirt from H&M | Pants | Bag

 

Cara kedua, kamu bisa gunakan rumus atasan terang, bawahan gelap kemudian outer medium (di tengah-tengah warna atasan dan bawahan). Rumus ini bisa kamu terapkan ke warna apa aja, tapi yang paling mudah untuk mendemonstrasikannya adalah warna putih (top) + hitam (bottom) + coklat (outer). Di outfit ini aku tambahkan layer ke-3, yang bisa jadi cara membuat outfit kamu makin 'rame' dan maksimal. Tapi biar nggak berat dan 'too much', kamu bisa manfaatkan jaket jeans, yang masih netral. Jangan lupa untuk tetap menerapkan sandwich method yaa.


Gunakan warna-warna pastel

 

Turtleneck top from Uniqlo | Sweater | Pants | Shoes | Bag

 

Yang suka warna-warna soft & feminine, coba deh pasangkan warna pastel seperti biru dan pink pastel. Warna pastel yang soft ini bisa jadi cara mudah kalau kamu mau outfit kamu lebih berwarna, karena lebih gampang dipasangkan satu sama lain. Kamu bisa pakai dalaman dan luaran di dua warna berbeda, lalu biarkan sisanya netral. Di outfit ini aku masih menerapkan sandwich method, yaitu sepatu dan tas coklat. Coba lihat deh, di outfit ini ada 4 warna loh, yaitu biru, pink, coklat dan beige. Nggak berat kan looknya?


Gunakan warna yang berkontras

 
 

Cara terakhir, pergunakan color wheel!

Kamu bisa contek color wheel ini untuk pair 2 warna di outfit kamu, dengan mencari warna yang bersebrangan. Warna yang saling berseberangan di color wheel disebut contrasting color, yang jika digunakan bersamaan bisa membuat outfit kamu atraktif & terkesan sangat jago styling outfit loh.


Di outfit di atas, aku menggunakan warna lilac (ungu) dan army (hijau), yang saling bersebrangan. Selain menggunakan 2 warna yang bersebrangan, kamu juga bisa memasangkan 2 warna yang bersebelahan. Jadi ketika bingung 2 warna ini bagus atau nggak digunakan bersamaan, bisa googling dulu color wheel ya!


Semoga membantu!

Xo, Fiona Nathaniel.

Thankyou for reading this blog post, please note that this post contains affiliate links, I may earn small commission if you made a purchase through the links. Thankyou for your support!


192 views

Comentarios


bottom of page