top of page

Wrong Shoe Theory, Trik Buat Outfit Kamu Unik & Modis

Penasaran kan kenapa outfit yang dipakai influencer atau Tiktokers selalu terlihat unik tapi menarik, seperti ada yang beda tapi sulit mengatakan apa yang membuatnya beda. Selain karena melakukan layering yang kreatif, kebanyakan dari mereka menerapkan wrong shoe theory.

Istilah ini pertama kali diciptakan oleh Allison Bornstein, fashion stylist di Tiktok, yang sederhananya adalah cara membuat outfit jadi unik dengan menggunakan sepatu yang 'salah' atau 'nggak matching'. Coba lihat foto di bawah ini yang diambil dari Pinterest.

Udah bisa kelihatan ya bahwa vibe sepatu dan bajunya nggak nyambung, tapi entah bagaimana ketika disatukan membuat outfitnya jadi aneh tapi bagus. Di contoh ini, dia menggunakan baju athleisure atau sporty dengan sepatu yang lebih dress up, yaitu clear wedges. Agar lebih jelas, coba kita lihat 2 foto lainnya.



Secara keseluruhan, ketiga foto di atas memiliki kesamaan menggunakan baju yang jauh lebih casual dengan sepatu yang lebih formal. Ketidakcocokan ini malah membuat outfit casualnya jadi standout dan memiliki kepribadian yang unik dan beda, dibandingkan menggunakan sepatu yang sudah mudah ditebak, seperti sneakers atau sandals.


Jadi sudah paham kan bagaimana cara kerja wrong shoe theory? Nah kali ini aku mau terapkan teori itu untuk outfit kerja yang formal. Berbeda dengan contoh dari Pinterest tadi, kali ini aku akan menggunakan sepatu yang lebih casual dan dress up dengan baju yang lebih rapi, sehingga outfitnya bisa digunakan untuk hangout pulang kantor, atau bahkan untuk hangout saat weekend. Jadi kamu bisa memanfaatkan outfit kerja kamu lebih banyak lagi hanya dengan menggunakan sepatu yang berbeda!


Wrong Shoe Theory: Menggunakan Baju Kantor Dengan Sandal Heels Untuk Outfit Hangout Yang Unik & Modis.


 

Red sandal heels | T sandal heels | Strappy nude sandal heels

 

Ketiga sandal heels di atas dari bysolane, brand sepatu lokal yang memiliki model sandal heels yang unik & elegan, cocok untuk melengkapi koleksi sepatu casual kalian. Sandal heels ini must have banget buat kamu yang ingin tampil fashionable saat hangout casual seperti meetup sama teman, nge-date, dan weekend activities lainnya.


Outfit 1. Blazer, straight skirt, red sandal heels

 
 

Rok panjang memang pilihan paling nyaman untuk outfit kantor yang modis & simple. Tapi pasti bosan kan pakai rok ini dengan sepatu formal seperti pump heels atau loafers? Nah coba deh pakai sama sandal heels yang lebih edgy dengan model unik dan warna mencolok. Outfit warna netral kamu langsung jadi hidup & standout! Vibe dari keseluruhan outfitnya langsung beda banget hanya dengan menggunakan sepatu yang 'nggak nyambung'. Kamu bisa banget pakai outfit ini untuk nge-date sama doi pulang kantor, jadi tinggal bawa heels ini aja deh.


Outfit 2. Blazer, wide leg pants, T sandal heels

 
 

Di outfit kedua aku coba dengan baju yang lebih rapi dan formal lagi nih, yaitu blazer dan wide leg pants. Kalau dipakai sama loafers atau flatshoes kan udah biasa dan ketebak banget ya. Saat dipasangkan dengan sandal heels yang casual, vibe outfitnya juga langsung jadi berbeda banget, seperti wanita karir yang lagi santai off duty. Elegan dan modis, siap untuk hangout di kafe sama teman sepulang kantor. Ohya, Bentuk T dari sandal heels ini juga bisa kasih ilusi kaki kamu lebih panjang, cocok dipakai sama wide leg pants yang lebar dan panjang nih, bisa nambah tinggi badan kamu 10 cm!


Outfit 3. Ribbon blouse, flare skirt & strappy sandal heels

 

Top is thrifted (similar link) | Skirt | Bag

 

Outfit ke-3 kita coba dengan outfit yang lebih feminine, yaitu perpaduan blus formal dan rok flare lilit, yang memang umumnya cocok dengan flatshoes atau heels tertutup. Tapi ketika dipasangkan dengan sandal heels yang santai ini, outfitnya malah jadi lebih modis dan cocok untuk nge-mall. Kombinasi ini membuat outfit yang rapi dan serius jadi bisa dipakai untuk aktivitas yang lebih casual dan dress up. Kamu jadi bisa lebih memanfaatkan blus kantor kamu untuk weekend juga! Money-saving hack nih, sisters.


Outfit 4. Shirt, ankle pants & T sandal heels

 
 

Karena dari ke-3 sandal tadi favoritku adalah yang ini, aku ingin styling outfit day to night lainnya menggunakan outfit kantor yang jadi favorit banyak orang juga, yaitu kemeja, cardigan dan ankle pants. Selain dipakai dengan wide leg pants, T sandal heels juga bisa kamu manfaatkan untuk membuat postur tubuh kamu lebih jenjang saat menggunakan ankle pants! Dengan membuat kontras antara warna outfit yang terang dengan sepatu yang gelap, bisa membuat sepatunya jadi point of interest sehingga outfit kamu jadi jauh dari kata boring & basic.


Gimana, terbukti kan wrong shoe theory bisa mengubah outfit kantor yang rapi & formal jadi lebih casual, modis dan trendy? Daripada beli baju baru, yuk coba explore kombinasi baju dan sepatu yang tidak terduga, dijamin kamu jadi jatuh cinta lagi sama baju lama kamu!


Thankyou for reading this blog post, please note that this post contains affiliate links, I may earn small commission if you made a purchase through the links.Thankyou for your support!

186 views

留言


bottom of page